SOLOPOS.COM - Dirjen Kebudayaan Kemendikbud, Kacung Marijan, (tiga dari kanan) meresmikan Candi Lumbung di Kompleks Candi Prambanan yang rampung dipugar. Peresmian dilakukan Jumat (20/11/2015). (Taufiq Sidik Prakoso/JIBI/Solopos)

Cagar budaya Klaten, Pemerintah menyelesaikan pemugaran tiga candi di kompleks Candi Prambanan.

Solopos.com, KLATEN–Sebanyak tiga candi di kompleks Candi Prambanan rampung dipugar. Hingga kini, masih ada 223 candi perwara yang menunggu pemugaran.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Tiga candi yang rampung dipugar serta diresmikan yakni Candi Perwara Lumbung No. 9, Candi Perwara Prambanan deret I No. 43, dan Candi F di kompleks Candi Ijo. Pemugaran ketiga candi itu dilakukan pada 2015.

Ekspedisi Mudik 2024

Total anggaran guna pemugaran candi itu mencapai Rp2 miliar yang bersumber dari dana pelestarian PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko. Anggaran terbesar pemugaran digunakan untuk Candi Perwara Prambanan deret No. 43 senilai Rp1,2 miliar. Peresmian ketiga candi yang rampung dipugar itu dilakukan Jumat (20/11/2015) di pelataran Candi Lumbung.

Direktur Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman Kemendikbud, Harry Widianto, mengatakan pemugaran candi perwara pernah dilakukan sekitar 1937. Sejak saat itu, tak ada lagi pemugaran candi hingga pada 2015 sejumlah candi perwara mulai dipugar.

“Candi Lumbung itu dipugar selama tujuh bulan. sementara, Candi F dipugar selama empat bulan dan Candi Perwara Prambanan deret No. 43 dipugar selama 10 bulan. Pemugaran oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya [BPCB] sementara anggarannya dari dana pelestarian PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko. Harapan kami, setelah diresmikan bisa mengoptimalkan sektor wisata dan edukasi ke masyarakat mengenai warisan budaya leluhur,” kata dia.

Dirjen Kebudayaan Kemendikbud, Kacung Marijan, mengatakan pemugaran candi di kompleks Candi Prambanan kali terakhir dilakukan pada 1937. Ia menjelaskan tak kunjung dilakukan pemugaran ratusan candi perwara salah satunya terkendala lantaran proses penelitian yang membutuhkan waktu cukup lama.

Kacung berharap setiap tahun bisa dilakukan pemugaran satu candi. Sehingga, pada 2045 sudah banyak candi perwara di Kompleks Candi Prambanan yang dipugar. Terkait pemugaran satu candi perwara lainnya yakni Candi Bubrah yang sudah dilakukan beberapa waktu lalu, Kacung menargetkan rampung pada awal 2017.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya