SOLOPOS.COM - Foto Ilustrasi JIBI/Harian Jogja/Antara

Cagar budaya di Kulonprogo paling sedikit
Harianjogja.com, KULONPROGO-Jumlah cagar budaya bergerak dan tak bergerak Kulonprogo paling sedikit dibandingkan daerah lainnya di DIY. Cagar budaya di Kulonprogo didominasi peninggalan masa klasik, islam, dan kolonial.

Wahyu Astuti, Kepala Seksi Perlindungan Pengembangan dan Pemanfaatan Balai Pelestarian Cagar Budaya DIY mengatakan dari jumlah benda, cagar budaya memang paling minim.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Tidak seperti di Sleman, cagar budaya di Kulonprogo relatif paling sedikit,” ujarnya dikonfirmasi pada Minggu (26/2/2017).

Namun, tidak menutup kemungkinan jika hal tersebut bisa saja berubah apabila ditemukan benda cagar budaya lainnya.

Ia mengatakan sebenarnya sejumlah kawasan di Kulonprogo menjadi basis perjuangan Pangeran Diponegoro ketika melawan Belanda. Karena itu, potensi adanya pendataan cagar budaya baru sangat terbuka jika ada usulan dari masyarakat.

Adapun kriteria cagar budaya antara lain berusia 50 tahun atau lebih, mewakili masa gaya paling singkat berusia 50 tahun, memiliki arti khusus bagi sejarah, ilmu pengetahuan, pendidikan, agama, kebudayaan dan memiliki nilai budaya bagi penguatan kepribadian bangsa.

Sejauh ini, pendataan benda cagar budaya sangat terbantu dengan adanya media sosial. BPCB DIY sering mendapati adanya penemuan benda cagar budaya dari status atau foto yang dipasanga warga masyarakat. Dari situ, BPCB kemudian menghubungi pihak terkait dan melakukan penelitian dan verifikasi.

Wahyu menilai pengelolaan dan pemeliharaan cagar budaya di Kulonprogo sudah cukup baik. Kulonprogo juga memiliki tim ahli cagar budaya yang juga merupakan tenaga dari BPCB DIY. Selain itu, beberapa cagar budaya juga memiliki juru pelihara tersendiri seperti Makam Girigondo yang menjadi makam kerabat Puro Pakualaman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya