SOLOPOS.COM - Skuat Tim PON Jawa Tengah. (Istimewa/PSSI Jateng)

Solopos.com, SEMARANG—Tim sepak bola Jawa Tengah (Jateng) bakal mendapatkan tekanan sejak awal laga pada perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2021 di Papua, 27 September-14 Oktober 2021. Dari hasil undian, tim Jateng berada di Grup B bersama Jawa Timur, Sumatra Utara, dan Sulawesi Selatan.

Pelatih tim PON Jateng, Eko Riyadi, mengatakan ketiga tim yang masuk di Grup B adalah lawan-lawan sulit. Eko menyebut Jawa Timur merupakan tim solid karena sudah berkumpul dalam tim cukup lama.

Promosi Championship Series, Format Aneh di Liga 1 2023/2024

Demikian halnya Sulawesi Selatan dan Sumatra Utara. Meski demikian pihaknya tak terlalu khawatir dengan persaingan berat di fase grup.

Baca Juga: Positivity Rate Agustus Turun 18,38 Persen, Satgas Covid-19 Minta Jangan Berpuas Diri

Ekspedisi Mudik 2024

“Dalam pertandingan kelompok umur seperti PON, kemampuan pemain hampir rata-rata. Saya yakin anak-anak bisa meloloskan diri dari Grup B, apalagi tim juga sudah persiapan matang,” ujar Eko kepada wartawan, Kamis (2/9/2021).

Pihaknya berharap Sidang Iskus dkk. mampu membenahi sejumlah aspek permainan sebelum bertarung di PON. Sejauh ini, skema membangun serangan serta finishing mulai mengalami peningkatan signifikan.

Hal itu terlihat saat tim Jateng membantai Persika Karanganyar dengan skor telak 6-0 dalam uji coba terakhir. “Kami berharap di sisa waktu yang ada, kami bisa membenahi beberapa kekuarangan,” ujar Eko.

Baca Juga: Update Covid-19 Indonesia: Kasus Positif Turun, Hari Ini 8.955  

 

Grup Neraka

PON kali ini dimeriahkan 12 tim yang dibagi dalam tiga grup. Grup A layak disebut grup neraka karena berisi Papua sebagai tuan rumah, Jawa Barat yang berstatus juara bertahan, serta Maluku Utara dan Nusa Tenggara Timur yang berlabel kuda hitam.

Persaingan relatif ringan terdapat di Grup C. Aceh yang diarsiteki eks Pelatih Timnas U-16, Fachri Husaini, menjadi unggulan ketimbang Kalimantan Timur dan Sulawesi Utara. Adapun Bengkulu yang sebelumnya tergabung di Grup C memastikan mundur dari persaingan.

 

Pembagian grup cabor sepak bola PON Papua

Grup A (Stadion Mandala, Kota Jayapura)

Papua, Nusa Tenggara Timur, Maluku Utara, Jawa Barat

Grup B (Stadion Mahachandra, Kota Jayapura)

Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatra Utara, Sulawesi Selatan

Grup C (Stadion Barnabas Youwe, Kabupaten Jayapura)

Aceh, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Bengkulu

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya