SOLOPOS.COM - Pedagang ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Gigih M. Hanafi)

Harianjogja.com, JOGJA–Harga cabai rawit di Pasar Beringharjo melonjak tajam. Jika pekan lalu cabai rawit merah Rp25.000 per kilogram (kg), pekan ini harganya naik hingga Rp40.000 per kg.

Salah satu pedagang cabai, Naning mengaku kenaikan harga cabai rawit merah ini terjadi karena kelangkaan. Pasalnya cabai rawit merah dari distributor sudah mulai menghilang karena hujan yang turun sepekan ini.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kalau hujan mulai turun biasanya harga cabai memang tidak menentu. Hal ini karena panenan yang terakhir biasanya lebih berair dan cepat busuk. Sedangkan yang mutunya masih bagus harganya jadi melonjak,” kata Naning saat ditemui di Beringharjo Lantai 1, Jumat (17/1).

Nanin menambahkan harga cabai rawit merah pada pagi hari kini sduah mencapai Rp40.000 per kg. Sedangkan harga cabai merah pada siang hari atau cabai yang mutunya kurang bagus dipatok dengan harga Rp35.000 per kg.

Kenaikan cabai rawit merah ini disusul harga cabai merah besar Rp38.000 per kg, sedangkan harga cabai merah keriting juga naik menjadi Rp32.000 per kg. Dan untuk cabai rawit hijau harganya kini mencapai Rp34.000 per kg.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya