[ X ] CLOSE

Butuh Lahan Seluas 133 Lapangan Bola, Di mana Lokasi Disneyland Boyolali?

Butuh Lahan Seluas 133 Lapangan Bola, Di mana Lokasi Disneyland Boyolali?
SOLOPOS.COM - Tokyo Disneyland (asia.nikkei.com)

Investasi Boyolali, Disneyland akan mulai dibangun tahun ini.

Solopos.com, BOYOLALI — Rencana pembangunan Disneyland di Boyolali diperkirakan memakan lahan 100 hektare (ha). Jika dibandingkan dengan lapangan sepak bola yang rata-rata seluas 0,7 ha persegi, maka luas lahan Disneyland kira-kira setara dengan 133 lapangan sepak bola.

Lalu di manakah lokasi yang mampu menyediakan lahan seluas itu? Bupati Boyolali Seno Samodro pun belum memberikan bocoran mengenai lokasi wahana hiburan tersebut. ”Nanti Mei saja. Saat ini belum bayaran,” tulis Seno melalui pesan singkatnya kepada Solopos.com, Jumat (14/4/2017).

Jika Disneyland dibangun di lokasi yang dekat dengan pusat transportasi umum seperti bandara (Boyolali) dan stasiun kereta api Solo, maka daerah itu antara lain Banyudono dan Sawit. (Berapa Tiket Masuk Disneyland Boyolali)

Saat dimintai tanggapan mengenai ketersediaan lahan itu, camat di kedua wilayah itu mengatakan wilayahnya kurang memungkinkan untuk lahan Disneyland.

Camat Sawit Dwi Sundarto mengatakan, sesuai peraturan daerah (perda) tentang Rancangan Tata Ruang Wilayah (RTRW) wilayahnya diperuntukkan untuk lahan pertanian pangan berkelanjutan (LP2B). “Sementara ini sih lahan di Sawit untuk LP2B, jadi tidak bisa dialihkan jadi nonpertanian, sesuai RTRW,” ujarnya Sabtu (15/4/2017).

Hal yang sama disampaikan Camat Banyudono Rita Puspitasari. Menurutnya, Banyudono kurang memungkinkan untuk Disneyland karena termasuk LP2B. (September Disneyland Boyolali Mulai Dibangun)

“Memang [bisa] ada revisi perda RTRW. Tapi kalau luasan 100 ha tidak mungkin dikeringkan. Beberapa waktu lalu ada permohonan pengeringan lahan 20 ha saja tidak boleh,” kata dia.

Pusat Boyolali

Sementara itu, salah satu kecamatan yang menjadi wilayah pengembangan Boyolali adalah Cepogo. Letaknya wilayah ini tak begitu jauh dari pusat kota Boyolali. Di Cepogo ini Pemkab berencana membangun stadion berskala internasional di Desa Paras. Selain itu, pasar hewan Sunggingan juga rencananya akan direlokasi ke kecamatan ini, tepatnya di Desa Jelok. (Bersaing dengan Walt Disney Bogor)

Lalu apakah Cepogo juga akan dijadikan lokasi pembangunan Disneyland? Saat dimintai tanggapannya, Camat Cepogo Agus Darmawan mengatakan, untuk penyediaan lahan 100 ha bisa saja dilakukan dengan pembebasan tanah warga.

Namun semuanya tergantung kebijakan Pemkab. “[Kalau lahan milik pemkab seluas 100 ha] tidak ada seluas itu. Tapi kalau pembebasan [lahan] mungkin ada,” kata dia.

Sementara itu, jika Disneyland yang bernilai investasi Rp6 triliun itu dibangun di Boyolali wilayah utara, Pemkab harus menyediakan anggaran besar untuk membangun infrastruktur seperti akses jalan yang memadai.

Kepala Bappeda Boyolali, Nur Khamdani mengatakan, Pemkab Boyolali akan melakukan revisi Perda RTRW untuk mendukung visi misi bupati mewujudkan kabupaten ramah investasi. ”Namun, tetap mengacu pada aturan, seperti tak menghilangkan lahan hijau produktif,” ujarnya. (Revisi Perda RTRW)

Salah satu hal yang akan dimasukkan dalam revisi Perda RTRW ialah memperluas jangkauan wilayah industri dan pariwisata. ”Salah satunya kami akan menggarap

Boyolali wilayah utara, seperti Juwangi, Kemusu, Wonosegoro agar dilirik investor. Namun, harus dipikirkan juga prasarana pendukung, khususnya jalan.”



Berita Terkait
    Promo & Events
    Ekspedisi Ekonomi Digital 2021
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago