SOLOPOS.COM - RS Panti Waluyo (JIBI/Solopos/Dok.)

Solopos.com, SOLO -- Rumah Sakit Panti Waluyo Solo membuka layanan konsultasi dokter online untuk mendukung upaya menekan persebaran Covid-19.

Rumah sakit itu memiliki program Go Telemedicine yang melayani konsultasi menggunakan aplikasi WhatsApp atau WA mulai 20 April 2020. Dengan konsultasi dokter online, rumah sakit tersebut sukses meminimalisasi pertemuan langsung dokter dengan pasien.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kendati tidak ada pertemuan langsung, Go Telemedicine memaksimalkan layanan konsultasi dokter online yang diberikan.

Iuran BPJS Kesehatan Bak Roller Coaster, Netizen Merasa Kena Prank Jokowi

Kepala Bagian Humas RS Panti Waluyo Solo, Titis Pamungkas, dalam siaran pers yang diterima Solopos.com, Rabu (13/5/2020), menjelaskan sejak Solo ditetapkan kejadian luar biasa (KLB) Covid-19, rumah sakit itu membatasi pasien yang datang.

Sebisa mungkin pasien yang datang ke rumah sakit merupakan pasien kategori gawat darurat. Sedangkan pasien yang tidak tergolong gawat darurat diimbau menunda pertemuan dengan dokter atau datang langsung ke rumah sakit.

Pasien Mendaftarkan Diri

Apalagi Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto, mengeluarkan Surat Edaran No. HK.02.01/Menkes/3030/2020 tentang Penyelenggaraan Pelayanan Kesehatan dengan Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Lewat Lagu Pahlawan Kasih, Anggota DPRD Boyolali Semangati Tenaga Medis

Tujuan kebijakan yang diatur di SE tertanggal 29 April 2020 itu untuk mencegah persebaran Covid-19 di Tanah Air. “Rumah Sakit Panti Waluyo Solo mulai membuka layanan Go Telemedicine memakai platform populer Whatsapp,” tutur Titis.

Calon pasien cukup menghubungi nomor Whastapp 08156717076 untuk bisa memanfaatkan layanan Go Telemedicine. Setelah tersambung dengan operator nomor itu, calon pasien akan diarahkan langkah-langkah selanjutnya.

Pakar UI Kritik Keras Soal Usia di Bawah 45 Tahun Boleh Bekerja Kembali

“Silakan mendaftarkan diri di nomor itu. Nanti operator kami akan mengarahkan langkah-langkah berikutnya,” imbuh Titis. Agar masyarakat memanfaatkan layanan itu, manajemen rumah sakit tersebut sudah menginformasikan ke para pasien.

Dengan begitu diharapkan para eks pasien RS Panti Waluyo bisa menyebarkan informasi tentang layanan konsultasi dokter online itu kepada kerabat dan tetangga. “Setiap hari baru kisaran tiga hingga empat orang yang pakai layanan ini [konsultasi dokter online],” aku dia.

Jumlah total pasien yang dilayani Rumah Sakit Panti Waluyo saban hari di kisaran 80 orang hingga 90 orang. Jumlah tersebut jauh dari sebelum pandemi Covid-19 yang mencapai 200 orang per hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya