SOLOPOS.COM - Tawuran antarsuporter tim sepak bola di Kota Jogja, Daerah Istimewa Yogyakarta, Senin (25/7/2022). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO –   Kota Solo dikenal banyak memiliki budaya luhur dan nilai-nilai kearifan lokal (local wisdom). Sayangnya, ulah sejumlah suporter Persis Solo terkadang tidak mencerminkan mereka berasal dari kota yang berbudaya luhur.

Rombongan suporter sepak bola asal Kota Solo, Jawa Tengah, terlibat bentrok dengan kelompok warga di Kota Jogja, Senin (25/7/2022) siang. Para suporter ini hendak ke Magelang untuk menonton pertandingan Persis Solo melawan Dewa United. Ulasan lengkap bisa dibaca di Meredam Kerusuhan Suporter Melalui Local Wisdom.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Citayam Fashion Week yang beberapa pekan terakhir menjadi identitas bagi kebiasaan remaja dan kaum muda pinggiran Jakarta menongkrong di kawasan pusat bisnis Sudirman Central Business District (SCBD), Dukuh Atas, Jakarta Pusat, didaftarkan sebagai merek oleh PT Tiger Wong Entertainment dan Indigo Aditya Nugroho.

Citayam Fashion Week sebagai merek itu didaftarkan di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Koordinator Pemeriksa Merek Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Agung Indriyanto, di Jakarta, Senin (25/7/2022), mengatakan dua pihak itu memang mendaftarkan merek tersebut. Duduk perkara bisa dipahami di Gentrifikasi Inisiatif Akar Rumput Citayam Fashion Week.

Di dasar genangan Waduk Gajah Mungkur, Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah terdapat situs agama Buddha, yakni Candi Bendo. Candi ini tenggelam sebagai dampak program pemerintah era 1970-an hingga 1980-an itu.

Tidak banyak penelitian yang dipublikasikan, namun ekskavasi terakhir Candi Bendo berlangsung 42 tahun lalu, pada pertengahan Juli 1980. Ekskavasi Candi Bendo di Dukuh Glota, Desa Bulurejo, Kecamatan Nguntoronadi [kini juga tenggelam], Kabupaten Wonogiri tersebut sebelumnya telah dilakukan pada 1978. Kisah lengkap bisa dibaca di Candi Bendo, Situs Buddha yang Ditenggelamkan Waduk Gajah Mungkur.

Kota Solo, Provinsi Jawa Tengah, terpilih menjadi peserta program Global Designing Cities Initiative: Street for Kids Leadership Accelerator. Program ini menekankan pada upaya mewujudkan kota menjadi inklusif bagi anak-anak.

Program ini relevan dengan keberhasilan Kota Solo meraih predikat sebagai Kota Layak Anak Kategori Utama selama empat tahun berturut-turut dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA).

Dua program ini ketika berjalan bersama akan menguatkan upaya Kota Solo mewujudkan kota yang inklusif bagi anak-anak. Kota Solo terpilih sebagai salah satu dari 20 kota di dunia yang berkesempatan mengikuti program Street for Kids Leadership Accelerator. Uraian lengkap bisa dibaca di Kota Solo Berkomitmen Menjadi Kota Inklusif bagi Anak-Anak.

Semua berita di atas bisa dibaca hingga tuntas di kanal Espos Plus. Konten-konten premium di kanal Espos Plus menyajikan pembahasan dengan sudut pandang tajam, komprehensif, dan berdata lengkap. Konten premium menyajikan analisis mendalam atas suatu topik. Silakan mendaftar terlebih dulu untuk mengakses konten-konten premium tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya