SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo mengenakan baju adat Dolomani dari Buton pada Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (17/8/2022). (Biro Setpres)

Solopos.com, SOLO — Buton menjadi salah satu topik perbincangan hangat warganet hingga menjadi trending di Twitter Indonesia pada Rabu (17/8/2022). Hal ini berkat baju adat Buton, Dolomani, yang dikenakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam upacara HUT ke-77 Kemerdekaan RI di Istana Merdeka, Jakarta.

Dalam kesempatan istimewa ini, presiden dan ibu negara tampil menawan menganakan baju adat Sulawesi Tenggara.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Busana Presiden Jokowi tampak sangat menyala dengan dominasi warna merah dan bordir silver. Sementara Irina Jokowi tampil anggun memakai busana berwarna biru keunguan dengan ornamen emas.

Tidak ketinggalan, ibu negara memakai mahkota emas yang ukurannya cukup besar di kepala.

Sementara baju adat Buton yang dipakai Presiden Jokowi berbentuk jubah panjang dengan warna merah menyala. Di dalam jubah panjang itu dia memakai kemeja putih gading berhias payet.

Baca juga : Siswi SMA N 2 Kudus Jadi Pembawa Bendera Upacara HUT ke-77 RI di Istana

Tak lupa, penutup kepala bundar dengan ornamen senada dipakai untuk melengkapi penampilan.

Buton, Sulawesi Tenggara, adalah negeri yang turut membangkitkan dan menjaga kemerdekaan Indonesia. Baju adat Buton yang dipakai Presiden Jokowi itu sarat makna.

Busana itu sering dipakai Sultan ke-35 Buton, Muhammad Ali, pada 1918-1921 untuk menghadiri acara spesial.

Bedanya, pakaian Sultan Buton dulu didominasi warna hitam. Sementara yang dipakai Presiden Jokowi berwara merah menyala.

Baca juga : Spesial! Ini Makna Baju Adat Buton Dipakai Jokowi di HUT ke-77 RI

Penampilan Presiden Jokowi pyn menuai pujian dari warganet. “Sebagai orang Buton, suatu kebanggaan tersendiri saat lihat RI 1 Pak Jokowi kenakan baju adat Dolomani dari Kesultanan Buton,” komentar @Miss_13cm_Fairy.

“Gagahnya presiden @jokowi mengenakan baju adat Buton dalam peringatan HUT RI ke 77 di istana Merdeka pagi ini,” sambung @Dionbonjovi181.

“Ada baju Dolomani dihari kemerdekaan. Baju Dolomani merupakan baju kesultanan Buton. Penggunaan baju adat Buton ini menggambarkan bersatunya kerajaan2 dan daerah2 dalam satu persatuan bernama NKRI. Dirgahayu Republik Indonesia,” imbuh @SahabatSaber.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya