Busyet Dah! Baru Sehari Diperbaiki, Besi Penutup Drainase Underpass Makamhaji Kartasura Rusak Lagi

Besi penutup saluran drainase bagian tengah underpass Makamhaji, Kartasura, Sukoharjo, rusak lagi meski baru sehari diperbaiki.
Busyet Dah! Baru Sehari Diperbaiki, Besi Penutup Drainase Underpass Makamhaji Kartasura Rusak Lagi
SOLOPOS.COM - Petugas Satlantas Pos Kartasura bersama sukarelawan memperbaiki penutup saluran drainase underpass Makamhaji, Kartasura, Sukoharjo, yang rusak lagi meski baru sehari diperbaiki, Jumat (5/2/2021). (Solopos/Indah Septiyaning W)

Solopos.com, SUKOHARJO -- Besi penutup saluran air bagian tengah underpass Makamhaji, Kartasura, Sukoharjo, sudah rusak lagi, Jumat (5/2/2021). Padahal penutup saluran itu baru diperbaiki sehari sebelumnya.

Jajaran Satlantas Pos Kartasura bersama sukarelawan langsung memperbaiki besi tersebut pada Jumat (5/2/2021). Guna mencegah kerusakan dan pencurian, Pos Lantas Kartasura menggandeng sukarelawan.

Kapos Lantas Kartasura Aiptu A Christian DN mengatakan hilangnya besi penutup saluran underpass sudah berulang kali terjadi. Bahkan setidaknya hampir 10 kali besi penutup saluran rusak dan hilang dicuri oknum tak bertanggung jawab dalam sebulan ini.

Baca Juga: Terancam Luapan 3 Sungai, Warga Sragen Kota Tak Tidur 2 Malam Karena Khawatir Banjir

Kondisi ini memunculkan lubang pada bagian tengah underpass Makamhaji, Kartasura, sehingga menyebabkan kemacetan panjang di kawasan tersebut.

"Sering terjadi kepadatan lalu lintas di underpass Makamhaji akibat besi penutup saluran air yang hilang atau lepas. Jadi kendaraan melambat saat melintas sehingga bikin macet," katanya kepada Solopos.com, Jumat (5/2/2021).

Satlantas bersama jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait seperti Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) serta Dinas Perhubungan (Dishub) Sukoharjo berulang kali memperbaiki penutup saluran air tersebut.

Baca Juga: Cek Covid-19 Dengan GeNose Sudah Tersedia Di Stasiun Solo Balapan Loh, Tarifnya Rp20.000

Diberi Pengait

Namun berulang kali pula besi penutup saluran drainase underpass Makamhaji, Kartasura, rusak bahkan hilang. Padahal, ia mengatakan penutup saluran itu sudah diperbaiki hingga diberi pengait besi agar tidak terlepas. "Tapi baru kami perbaiki. Dua-tiga hari kemudian, bahkan pernah esok harinya, sudah rusak lagi. Ada yang hilang dan lainnya," katanya.

Kondisi besi penutup saluran air yang terlepas ini kerap menimbulkan kecelakaan lalu lintas (lakalantas). Terutama bagi sepeda motor matic yang rodanya lebih kecil daripada motor lainnya. Sepeda motor akan oleng dan terjatuh saat melintasi lubang saluran air tersebut.

Guna mencegah kerusakan terus menerus besi penutup saluran air, Satlantas menggandeng sukarelawan untuk ikut mengamankan underpass Makamhaji Kartasura baik pagi siang hingga malam hari.

Baca juga: Gerakan Jateng di Rumah Saja, Pelaku Usaha Hiburan Malam Solo Kompak Tutup Total

"Ada 10 sukarelawan yang ikut membantu kami. Jadi mereka akan ikut membantu pengamanan pengaturan lalu lintas bila lempengan besi penutupnya berserakan," katanya.

Para sukarelawan ini, lanjutnya, juga ikut memantau dan mengawasi apabila ada orang tak bertanggung jawab merusak dan mencuri besi penutup saluran air uMakamhaji.

Ia mengingatkan kepada para pengguna jalan untuk berhati-hati saat melintas di underpass Makamhaji. Terutama jika hujan dan besi penutup saluran air terlepas. Sebab kondisi lubang di saluran tersebut tidak terlihat karena tertutup air dan rawan terjadi lakalantas.

Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago