SOLOPOS.COM - Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo, Hari Prihatno, memegang mik saat meresmikan layanan bus trip wisata edukasi Soloraya di Kantor Dishub Solo, Senin (16/5/2022). (Istimewa/Dinas Perhubungan Solo)

Solopos.com, SOLO — Rencana pengoperasian bus wisata edukasi dengan rute Solo-Wonogiri saat inni terus dimatangkan oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Solo. Rencana itu masih akan dibahas lebih lanjut.

Kepala UPT Transportasi Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo, Agus Purnomo, saat dihubungi Solopos.com, Senin (20/6/2022), mengatakan ada beberapa hal yang menjadi bahan pertimbangan dalam pengoperasian bus wisata itu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Salah satunya Kabupaten Wonogiri sangat luas sehingga jarak antara lokasi wisata yang dituju sangat berjauhan. Karena itu lah diperlukan pembahasan lebih lanjut mengenai lokasi yang akan dikunjungi.

Ekspedisi Mudik 2024

“Rute bus wisata edukasi Solo-Wonogiri masih perlu dimantapkan lagi, karena jarak lokasi wisata dan rutenya jauh,” ujarnya. Agus menambahkan Dishub sudah melakukan survei di bagian timur Wonogiri.

Survei mengambil start dari Kantor Dinas Perhubungan Wonogiri. Dari pukul 08.00 WIB sampai pukul 15.00 WIB atau tujuh jam, bus hanya cukup waktu untuk menyinggahi empat lokasi. Itu baru di bagian timur saja. “Sedangkan maksud kami ingin menjelajahi banyak lokasi wisata di Wonogiri,” ujarnya.

Baca Juga: Dishub Solo Jajaki Wonogiri Dan Karanganyar Untuk Bus Wisata Edukasi

Agu mengatakan mengenai rute dan lokasi-lokasi yang dikunjungi masih perlu dibahas dengan Dinas Perhubungan Wonogiri. Total objek wisata di Kabupaten Wonogiri ada 17 lokasi, sehingga tidak mungkin dikunjungi semuanya dalam sekali perjalanan.

17 Destinasi

“Pekan depan akan kami rapatkan lagi dengan Dishub Wonogiri, karena ada 17 destinasi yang diajukan tidak mungkin didatangi semua. Kemungkinan akan diseleksi terutama untuk rute wisata karena lokasi yang berjauhan,” katanya.

Diberitakan sebelumnya, Pemkot Solo menjajaki kemungkinan mengoperasikan bus wisata edukasi Soloraya dengan rute Solo-Wonogiri. Kepala Dinas Perhubungan Wonogiri Waluyo mengatakan membuka pintu dan siap memfasilitasi rute maupun objek wisata yang akan dikunjungi.

Baca Juga: Bus Wisata Edukasi Sasar Wonogiri, 63 Objek Bisa Dikunjungi

Waluyo mengatakan objek wisata yang potensial dikunjungi adalah di bagian timur. Alasannya karena di sana ada potensi wisata yang memiliki nilai-nilai budaya.

“Saya sudah menerjunkan tim untuk mengecek. Yang menurut kami aman ada di Kecamatan Sidoharjo. Alasannya di sana ada potensi wisata yang menurut kami nilai-nilai budayanya ada, tapi kan belum deal [sepakat],” ucap Waluyo di Wonogiri, Selasa (7/6/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya