SOLOPOS.COM - Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo, Hari Prihatno, memegang mik saat meresmikan layanan bus trip wisata edukasi Soloraya di Kantor Dishub Solo, Senin (16/5/2022). (Istimewa/Dinas Perhubungan Solo)

Solopos.com, SOLO — Pemerintah Kota (Pemkot) Solo meresmikan layanan bus trip wisata edukasi Soloraya di kantor Dinas Perhubungan (Dishub) Solo, Senin (16/5/2022). Layanan dengan memanfaatkan aset tersebut diharapkan menjadi sumber pendapatan asli daerah (PAD) bagi Pemkot Solo.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo, Hari Prihatno, menjelaskan telah melakukan persiapan layanan bus trip wisata Soloraya tersebut. Destinasi yang disiapkan di Sukoharjo, yakni produksi alkohol Bekonang, sentra produksi kain pantai di Bekonang, sentra produksi gamelan, sentra produksi karak, dan embung pengantin.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Selanjutnya di Boyolali, terdapat Kebun Raya Indrokilo Boyolali, Makam Yosodipuro Pengging, dan sentra industri keju. Di Klaten, ada sentra produksi mi soun di Daleman Klaten, sentra pembibitan perikanan, dan Umbul Pelem.

Ekspedisi Mudik 2024

“Alhamdulillah hari ini ada yang menggunakan [bus trip wisata edukasi] ke Klaten, tepatnya pusat pembibitan ikan, taman air Umbul Pelem, dan pusat soun Daleman. Pekan depan ada lagi. Kami launching dan doakan semoga lancar,” katanya mengenai bus wisata edukasi Solo tersebut.

Dia mengatakan kapasitas dua bus penuh dipakai turis ke Klaten dengan masing-masing bus berkapasitas 16 tempat duduk. Total satu trip perjalanan dan wisata kira-kira lima jam.

Baca Juga: Wah! TPA Sampah Putri Cempo Solo Disiapkan Jadi Tempat Wisata Edukasi

Penjajakan Destinasi Lain

“Kami menyediakan tiga unit armada untuk wisata dan akan bertambah lagi pada APBD perubahan. Kami juga melakukan penjajakan destinasi lain di Soloraya,” jelasnya.

Sekretaris Dishub Solo, Muhammad Taufiq, menjelaskan perlu upaya pemanfaatan aset Pemkot Solo supaya tidak mangkrak. Biasanya bekas bus Batik Solo Trans (BST) dijual dengan cara lelang namun kini diperbaiki dan dikelola.

“Perbaikan fasilitas supaya nyaman untuk edukasi wisata. Solo menjalin kerja sama untuk menggali potensi destinasi wisata Soloraya,” jelasnya.

Baca Juga: Kampus Pariwisata Rp400 Miliar Akan Dibangun di Soloraya, Ini Lokasinya

Dia mengatakan akan ada sekitar 40 unit armada bus pada layanan BST yang tidak lagi digunakan dalam waktu dekat. Dinasnya akan memanfaatkan armada tersebut untuk pelayanan wisata.

Adapun sistem pemesanan bus bisa dilakukan melalui website Dinas Perhubungan Kota Solo atau melalui WA 081392493153. Tarif sekali naik bus ini Rp75.000.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya