SOLOPOS.COM - Museum Karst Wonogiri menjadi salah satu tempat wisata edukasi (Solopos.com)

Solopos.com, WONOGIRI — Bus wisata edukasi dari Kota Solo bakal merambah Kabupaten Wonogiri. Sedikitnya ada 63 tempat wisata yang bisa disinggahi bus wisata edukasi tersebut.

Dinas Perhubungan (Dishub) Wonogiri mengaku sudah berkomunikasi informal dengan Dishub Solo, ihwal penambahan rute baru bus wisata edukasi.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dishub Wonogiri mempersilakan Dishub Solo mengkaji rute-rute menuju objek wisata.

Informasi yang dihimpun Solopos.com, ada 63 objek wisata yang datanya diserahkan kepada Dishub Solo. Data puluhan objek wisata itu akan disurvei terlebih dulu, terutama mengingat kondisi kelayakan jalan.

Baca Juga: Ayo Piknik! Ini Daftar Objek Wisata di Kabupaten Wonogiri

Namun demikian, Kepala Dishub Wonogiri, Waluyo, menyampaikan objek wisata yang berpotensi menjadi rute baru bus wisata edukasi berlokasi di Wonogiri bagian timur.

Secara detail ia menyebut objek wisata yang ada di Kecamatan Sidoharjo.

“Saya sudah menerjunkan tim untuk mengecek. Yang menurut kami aman ada di Kecamatan Sidoharjo. Alasannya di sana ada potensi wisata yang menurut kami nilai-nilai budayanya ada, tapi kan belum deal [sepakat],” ucap Waluyo saat ditemui Solopos.com di Wonogiri, Selasa (7/6/2022).

Baca Juga: Dishub Solo Jajaki Wonogiri Dan Karanganyar Untuk Bus Wisata Edukasi

Prinsipnya, sambung dia, Dishub Wonogiri membuka pintu dan siap memberi fasilitas untuk berkoordinasi terkait wacana rute baru bus wisata edukasi.

Yang ia maksudkan antara lain seperti pengecekan jalan dan survei lokasi. Walaupun Waluyo sendiri belum mendapat informasi lebih lanjut soal ukuran busnya.

Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Wonogiri, Haryanto, sebelumnya mempersilakan Pemkot Solo mengkaji untuk menentukan destinasi wisata yang memungkinkan jadi tujuan baru bus wisata edukasi.

Baca Juga: Bus Wisata Edukasi Solo Diluncurkan, Ada Paket ke Sentra Ciu Bekonang

Namun berbeda dari Waluyo, Haryanto menyebut destinasi wisata edukasi yang layak ada di Waduk Gajah Mungkur dan Wonogiri bagian selatan, antara lain Museum Karst Indonesia dan sejumlah pantai.

Di sisi lain, menurutnya sejumlah destinasi wisata potensial di Wonogiri terkendala akses jalan. Ia menyebutkan kondisinya antara lain seperti jalan sempit, berkelok-kelok atau banyak tikungaqn, banyak tanjakan, dan masih belum diaspl.

Persoalan itu perlu diatasi untuk meningkatkan kunjungan. Pantauan Solopos.com, Minggu (5/6/2022 lalu, jalan menuju wisata Gua Resi di Desa Conto, Kecamatan Bulukerto, tergolong sulit dilalui.

Baca Juga: Edupark Intanpari, Objek Wisata Edukasi yang Punya 2 Pesawat Terbang

Kendati demikian mobil pribadi dan sepeda motor tetap bisa melaluinya.

Sebelumnya diberitakan, Dishub Solo berencana memperluas jangkauan layanan bus wisata edukasi Soloraya. Mereka sudah memiliki paket trip wisatqa di tiga daerah, yaitu Sukoharjo, Boyolali, dan Klaten.

Paket trip akan diperluas hingga Wonogiri dan Karanganyar. Namun untuk waktunya kapan, belum ada keterangan lebih lanjut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya