SOLOPOS.COM - Kondisi bus jurusan Purwodadi - Sulursari yang terbalik di saluran air di Desa Sambirejo, Kecamatan Wirosari, Kabupaten Grobogan, Selasa (25/1/2022). (Istimewa)

Solopos.com, PURWODADI – Penyebab Kecelakaan lalu linta berupa bus penumpang jurusan Purwodadi – Sulursari di Desa Sambirejo, Kecamatan Wirosari, Kabupaten Grobogan, Selasa (25/1/2022) akhirnya terungkap.

Hal ini setelah pengemudi bus berplat nomor K 7607 QF, Suparjo menceritakan kejadian yang menimpa busnya. Menurut dia, saat berangkat dari Purwodadi menuju Sulursari kondisi bus baik-baik saja.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Namun sesampai di turunan sebelah timur rumah makan Kharisma, Wirosari bus melaju tak terkendali. Penyebabnya rem tidak berfungsi dengan baik atau rem blong sehingga terguling dan akhirnya terbalik di saluran air,” jelasnya kepada media.

Baca Juga: Jalan Tol Berlubang Jadi Perhatian Ganjar

Seperti diberitakan sebelumnya, bus sarat penumpang jurusan Purwodadi – Sulursari nyemplung ke saluran air di Jalan Purwodadi – Blora, tepatnya di Desa Sambirejo, Kecamatan Wirosari. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini namun belasan orang mengalami luka.

Informasi yang dihimpun menyebutkan, bus jurusan Purwodadi – Sulursari berplat nomor K 7607 QF yang dikemudikan Subandriyo, melaju dari arah Purwodadi. Selama perjalanan bus berpenumpang 25 orang tersebut tidak ada masalah.

Namun sesampai di lokasi kejadian tepatnya timur rumah makan Kharisma, Wirosari bus terlihat melaju tak terkendali. Hingga akhirnya terguling dua kali sebelum akhirnya terbalik dengan kondisi roda berada di atas.

Hal itu juga dibenarkan Eko Budi, salah seorang pengendara motor yang kebetulan sebelum kejadian berada di belakang bus tersebut. Saksi mengatakan bus jurusan Purwodadi – Sulursari berjalan tidak sebagaimana semestinya. “Busnya saat jalan menurun terlihat melaju semakin kencang, kemudian tiba-tiba arahnya ke kiri dan terguling hingga terbalik di saluran air,” jelasnya.

Baca Juga: Innalillahi, Bus Sarat Penumpang di Grobogan Nyemplung di Saluran

Rem Blong

Kejadian tersebut menarik perhatian pengendara dan masyarakat di sekitar lokasi. Mereka langsung berupaya membantu para penumpang yang terperangkap dalam bus untuk keluar menyelamatkan diri.

“Begitu tahu rem blong, saya sengaja banting stir ke kiri guna mengindari menabrak sejumlah sepeda motor di depan bus. Namun bus terguling hingga akhirnya terbalik. Saya berupaya menolong para penumpang keluar dari bus,” ujar pengemudi bis.

Selain pengemudi sejumlah penumpang yang mengalami luka ringan mendapat perawatan di Puskesmas Tawabgharjo dan satu penumpang dibawa ke rumah sakit. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya