SOLOPOS.COM - Bus mudik gratis dari Kemenhub mulai berdatangan ke Terminal Tirtonadi, Solo, Jumat (29/4/2022) dini hari. (Solopos.com/Gigih Windar Pratama)

Solopos.com, SOLO — Para pemudik yang mengikuti program Mudik Gratis dari Kementerian Perhubungan atau Kemenhub gelombang pertama mulai tiba di Terminal Tirtonadi Solo, Jumat 929/4/2022) dini hari.

Dari pengamatan Solopos.com, sekitar pukul 01.00 WIB, sudah ada tujuh bus dari total 23 bus yang diberangkatkan dari Jakarta pada Kamis (28/4/2022). Tampak rombongan turun bersama keluarga meski ada juga yang sendirian.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Saat turun dari bus, sejumlah pemudik tampak kelelahan dan mengantuk. Sedangkan petugas tetap sigap dan siaga untuk mendata dan mengawasi setiap pemudik yang turun dari bus.

Rio, salah satu peserta Mudik Gratis dari Kemenhub yang pulang ke Solo menyebut kemudahan dan publikasi yang luas dari Kemenhub memudahkannya untuk mendaftar program ini. “Saya tahu mudik gratis ini sejak lama. Kebetulan publikasinya kayaknya cukup luas, jadi saya juga mendaftarnya cukup mudah,” ujar Rio.

Ekspedisi Mudik 2024

Salah satu keunggulan mudik yang diselenggarakan Kemenhub, menurutnya, adalah pemudik bisa membawa sepeda motor dengan menitipkan ke truk yang disediakan. Dari awal Rio memang berniat mudik menggunakan sepeda motor sebelum mengetahui Kemenhub menyediakan truk untuk mengangkut sepeda motor ke tempat tujuan.

Baca Juga: 5 Truk Pengangkut Sepeda Motor Mudik Gratis Kemenhub Sudah Sampai Solo

“Apalagi saya awalnya berniat naik motor, tapi karena disediakan angkutan untuk motor saya, saya jadi tertarik,” ujarnya.

4 Titik Keberangkatan

Direktorat Angkutan Jalan Kemenhub, Ayu Chlarasona, mengatakan bus Mudik Gratis Kemenhub mulai datang pada pukul 23.00 WIB, Kamis. Jumlah pemudik gelombang pertama sebanyak 600 orang.

“Jadi bus pertama datang pukul 23.00 WIB, kemudian bergantian datang, nanti akan ada total 23 bus dari gelombang pertama ini. Sedangkan untuk sepeda motor sudah semua tadi dengan total 137 unit.” ujarnya.

Baca Juga: Bus Mudik Gratis Jasa Raharja Berdatangan di Terminal Tirtonadi Solo

Menurut Ayu, Jumat ini akan ada lagi bus Mudik Gratis Kemenhub sejumlah 24 bus yang akan berangkat mulai pukul 10.00 WIB dari Jabodetabek. Bus nantinya akan berangkat dari empat titik yang ditentukan.

“Hari ini masih akan ada yang berangkat sebanyak 24 bus, dan seremonial akan digelar pada pukul 10.00 WIB dari empat titik keberangkatan,” ujarnya.

Sebagai informasi, mudik gratis dari Kemenhub pada Lebaran tahun ini untuk tujuan Solo ada 70 unit bus yang mengangkut sekitar 2.800 pemudik dan tujuh truk yang mengangkut sekitar 210 sepeda motor milik pemudik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya