SOLOPOS.COM - Ilustrasi kecelakaan bus. (Freepik.com)

Solopos.com, MAGETAN — Kapolres Magetan, AKBP Muhammad Ridwan, menyebutkan tujuh orang meninggal dunia akibat kecelakaan maut bus pariwisata yang masuk ke jurang sedalam 20 meter di Jalan Raya Sarangan, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magelang, Jawa Timur (Jatim), Minggu (4/12/2022) siang. Dari tujuh orang yang meninggal dunia, satu di antaranya adalah sang sopir.

“Data sementara ada tujuh orang korban meninggal termasuk sopir. Mengenai penyebab pasti [kecelakaan] masih kami selidiki. Saat ini fokus evakuasi dan penanganan para korban dulu,” ujar Ridwan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Proses evakuasi korban tergolong sulit karena bangkai bus berada di jurang. Selain itu, kondisi sopir bus dalam keadaan terjepit sehingga petugas gabungan memerlukan waktu lebih dari dua jam untuk mengevakuasi.

Bus yang masuk ke jurang itu merupakan Bus PO Semeru Putra Transindo berpelat nomor H 1470 AG. Bus tersebut mengangkut rombongan wisata yang hendak menuju Telaga Sarangan, Magetan.

Bus diduga mengalami kerusakan rem, hingga sopir hilang kendali saat melalui jalur turunan curam dari arah Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah (Jateng), menuju Magetan.

Baca juga: Bus Wisata Masuk Jurang di Sarangan Ternyata Bawa Rombongan dari Semarang

Bus kemudian menabrak besi pembatas jalan dan masuk ke jurang. Ketujuh korban dilaporkan meninggal dunia, sedangkan belasan orang lainnya luka-luka. Para korban telah dievakuasi ke RSUD Sayidiman Magetan dan Puskesmas Plaosan. Kasus kecelakaan maut bus yang mengangkut rombongan wisata ini saat ini telah ditangani Polres Magetan untuk penanganan lebih lanjut.

Diberitakan Solopos.com, bus yang terlibat kecelakaan maut di Magetan, Jatim, itu mengangkut rombongan wisata asal Manyaran, Kota Semarang, yang hendak berlibur ke Telaga Sarangan. Total ada 80 orang warga Manyaran, Semarang, yang naik bus tersebut.

Sekretaris RT 001 RW 002 Manyaran, Agus Kusmanto, menyebut ada tujuh orang yang meninggal dunia akibat kecelakaan itu. Sedangkan 15 orang lain mengalami luka-luka dan empat orang lainnya dilaporkan kritis.

Baca juga: Bus Pariwisata Terjun ke Jurang di Sarangan, 7 Orang Dilaporkan Meninggal

“Nama-namanya [(korban] kurang tau. Sejauh ini informasinya ada tujuh [meninggal dunia]. 15 luka-luka dan kritis empat. Ini [korban] masih dibawa ke sini [rumah duka],” pungkas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya