SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO — Lama digaungkan, bus listrik pertama yang pembuatnya mendapatkan sertifikat uji tipe (SUT) akhirnya mengaspal. Bus listrik bikinan PT Mobil Anak Bangsa (MAB) itu diberi nama MD12-E.

Langkah ini menjadi terobosan awal menuju era kendaraan umum berbasis tenaga listrik. Bisnis Indonesia berkesempatan menjajal bus tersebut Rabu (28/8). Bus dengan konfigurasi 30 kursi itu sekilas terlihat seperti bus rapid transit (BRT) yang digunakan PT Transjakarta. Perbedaan utama dibandingkan bus lain adalah tidak ada suara mesin yang terdengar. Satu-satunya suara adalah suara air conditioner (AC) yang dapat dihidupkan selama 2 x 24 jam.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Bus yang termasuk kategori low entry dengan panjang 12 meter dan lebar 2,5 meter memiliki kecepatan maksimal 70 km/jam. Sekali isi baterai, bus ini dapat mengaspal selama 250 km dengan waktu pengisian daya 3 jam. Baterainya terdiri atas 12 unit dengan total berat hingga 2,2 ton.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya