top ear
Bus Listrik Akhirnya Mengaspal di Indonesia, Ini Spesifikasinya
  • SOLOPOS.COM

Bus Listrik Akhirnya Mengaspal di Indonesia, Ini Spesifikasinya

Lama digaungkan, bus listrik pertama yang pembuatnya mendapatkan sertifikat uji tipe (SUT) akhirnya mengaspal. Bus listrik bikinan PT Mobil Anak Bangsa (MAB) itu diberi nama MD12-E.
Diterbitkan Senin, 2/09/2019 - 05:00 WIB
oleh Solopos.com/Whisnupaksa Kridhangkara,
1 mnt baca -

Solopos.com, SOLO -- Lama digaungkan, bus listrik pertama yang pembuatnya mendapatkan sertifikat uji tipe (SUT) akhirnya mengaspal. Bus listrik bikinan PT Mobil Anak Bangsa (MAB) itu diberi nama MD12-E.

Langkah ini menjadi terobosan awal menuju era kendaraan umum berbasis tenaga listrik. Bisnis Indonesia berkesempatan menjajal bus tersebut Rabu (28/8). Bus dengan konfigurasi 30 kursi itu sekilas terlihat seperti bus rapid transit (BRT) yang digunakan PT Transjakarta. Perbedaan utama dibandingkan bus lain adalah tidak ada suara mesin yang terdengar. Satu-satunya suara adalah suara air conditioner (AC) yang dapat dihidupkan selama 2 x 24 jam.

Bus yang termasuk kategori low entry dengan panjang 12 meter dan lebar 2,5 meter memiliki kecepatan maksimal 70 km/jam. Sekali isi baterai, bus ini dapat mengaspal selama 250 km dengan waktu pengisian daya 3 jam. Baterainya terdiri atas 12 unit dengan total berat hingga 2,2 ton.


LIKE di sini untuk lebih banyak informasi terbaru di Solopos.com
Kata Kunci :


berita terkait

    berita terpopuler

    Iklan Baris

    Properti Solo & Jogja

    berita terkini