SOLOPOS.COM - Bus PO Jaya Utama terlihat mengalami kerusakan parah seusai tabrak truk pengangkut pasir di Pati, Selasa (24/5/2022). (Solopos.com-Antara)

Soloposcom, PATI — Kecelakaan melibatkan Bus Jaya Utama dengan sebuah truk pengangkut pasir terjadi di Jalan Lingkar Pati-Rembang Km 36, Kabupaten Pati, Jawa Tengah (Jateng), Selasa (24/5/2022) siang. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut, namun sejumlah penumpang dikabarkan mengalami luka-luka.

Kasatlantas Polres Pati, AKP Adis Dani Garta, mengatakan saat ini pihaknya masih menyelidiki penyebab kecelakaan yang melibatkan Bus Jaya Utama berpelat nomor L 7158 UB dengan truk pengangkut pasir itu. Diduga kecelakaan itu disebabkan kelalaian sopir bus.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Kami masih melakukan penyelidikan dan belum menetapkan tersangka atas kasus kecelakaan tersebut. Akan tetapi, terduga tersangka atas kecelakaan tersebut merupakan sopir bus PO Jaya Utama yang dianggap lalai,” kata Kasatlantas Polres Pati, Selasa.

Adis mengungkapkan dari hasil penyelidikan di tempat kejadian perkara (TKP), truk pengangkut pasir berpelat nomor H 1569 UE saat itu tengah berhenti di tepi jalan. Meski demikian, parkir truk itu tidak memakan seluruh badan jalan, dengan kata lain kendaraan lain masih bisa melintas.

Selain itu, di lokasi itu juga tidak ada tikungan. Dengan demikian, kendaraan yang akan melintas masih bisa melihat posisi truk yang terparkir.

Baca juga: Bus Tabrak Truk di Tol Boyolali, 1 Meninggal Dunia

Atas dasar itulah, polisi menduga ada kelalaian yang dilakukan sopir bus hingga menabrak truk yang tengah terparkir di pinggir Jalan Lingkar Pati-Rembang, Kabupaten Pati. Kecelakaan itu pun menyebabkan sejumlah penumpang mengalami luka-luka, bahkan ada satu penumpang yang mengalami luka parah karena mengalami patah kaki bagian kiri.

Wakisih, penumpang selamat, mengungkapkan kecelakaan tersebut terjadi sekitar pukul 13.30 WIB. Diduga, saat itu bus melaju dengan kencang sehingga tidak mengetahui ada truk yang berhenti di tepi jalan.

“Pasalnya, ketika hendak menghindari tabrakan ternyata sudah ada truk yang mendahului sehingga akhirnya gagal menyalip dan menabrak truk yang parkir di tepi jalan,” ujarnya.

Baca juga: Terungkap! Penyalahgunaan 25 Ton Solar Bersubsidi di Pati, Ini Modusnya

Andi, sopir truk yang terlibat tabrakan mengakui truknya mengalami kerusakan ban sehingga berhenti di tepi jalan untuk menunggu teknisi melakukan perbaikan.

Saat berhenti, ia juga mengaku telah memberikan tanda dengan ranting pohon di belakang truk. Akan tetapi, Akan tetapi, tiba-tiba Bus PO Jaya Utama menabrak truk bagian kanan hingga bergeser sejauh 3 meter.

“Kelihatannya bus hendak menyalip, tetapi gagal karena di sisi kanan juga ada kendaraan yang melaju sehingga tabrakan tak terhindarkan. Beruntung saya langsung lompat ke sawah karena khawatir truknya roboh,” ujarnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya