Bus Eka Kobong di Jl. Solo-Jogja Klaten, Puluhan Penumpang Auto Kabur

Puluhan penumpang langsung berhamburan keluar saat Bus Eka jurusan Surabaya-Cilacap mendadak terbakar di jalan Solo-Jogja, tepatnya di Jogonalan, Klaten, Selasa (30/11/2021) malam.
Bus Eka Kobong di Jl. Solo-Jogja Klaten, Puluhan Penumpang Auto Kabur
SOLOPOS.COM - Tim Damkar Klaten dan aparat polisi saat menangani Bus Eka yang mendadak terbakar di Jl. Solo-Jogja, tepatnya di Tegalmas, Desa Prawatan, Kecamatan Jogonalan, Selasa (30/11/2021) malam. Tak ada korban jiwa dan tak ada korban luka dalam kejadian tersebut. (Istimewa/Dokumentasi Damkar Klaten)

Solopos.com, KLATEN – Bus Eka jurusan Surabaya-Cilacap mendadak terbakar di jalan Solo-Jogja, tepatnya di depan Toko Bangunan (TB) Sumber Agung, Tegalmas, Desa Prawatan, Kecamatan Jogonalan, Klaten, Selasa (30/11/2021) pukul 21.15 WIB. Meski sempat membikin panik driver dan para penumpang, kobaran api dapat dipadamkan secara manual dalam tempo singkat.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com, musibah kebakaran yang terjadi di barat traffic light Tegalmas, Kecamatan Jogonalan itu dilaporkan Eko Sugitno, 48, selaku pengemudi bus. Laporan kebakaran Bus Eka berpelat nomor S 7815 US masuk ke Damkar Klaten, Selasa (30/11/2021) pukul 21.15 WIB.

Tim Damkar langsung mendatangi lokasi kejadian, pukul 21.28 WIB. Jarak Markas Damkar Klaten ke lokasi kejadian kurang lebih 9,5 kilometer.

Baca Juga: Diduga Korsleting, Tower BTS di Simo Boyolali Terbakar

Musibah kebakaran bermula saat Bus Eka melaju ke arah Solo. Menjelang melintasi traffic light Tegalmas, Prawatan, Kecamatan Jogonalan, Eko Sugitno selaku sopir melihat kepulan asap di bagian mesin belakang. Hal itu diketahui dari kaca spion bus. Selanjutnya, pengemudi menepikan busnya.

bus eka kobong di Klaten
Tim Damkar Klaten dan aparat polisi saat menangani Bus Eka yang mendadak terbakar di Jl. Solo-Jogja, tepatnya di Tegalmas, Desa Prawatan, Kecamatan Jogonalan, Selasa (30/11/2021) malam. Tak ada korban jiwa dan tak ada korban luka dalam kejadian tersebut. (Istimewa/Dokumentasi Damkar Klaten)

Begitu dilihat, ternyata terdapat kobaran api di bagian mesin. Musibah kebakaran dapat dipadamkan driver sebelum petugas Damkar di lokasi kejadian. Tim Damkar Klaten yang tiba di lokasi kejadian membersihkan tumpahan solar di sekitar bus. Saat kejadian, Bus Eka mengangkut puluhan penumpang.

“Dugaan kebakaran karena korsleting. Tak ada korban meninggal dunia atau pun korban luka-luka dalam kejadian tersebut. Rangkaian pemadaman kobaran api rampung pukul 22.10 WIB [pemilik bus atas nama PT Eka Mira Prima Sentosa],” kata Kepala Seksi (Kasi) Damkar Klaten, Sumino, kepada Solopos.com, Rabu (1/12/2021).

Baca Juga: Ditinggal Pergi, Dapur Rumah Warga Mojogedang Hangus Terbakar

Terpisah, Kasi Humas Polres Klaten, Iptu Abdillah, mewakili Kapolres Klaten, AKBP Eko Prasetyo, mengatakan aparat polisi turut mendatangi lokasi kejadian sekaligus membantu rangkaian penanganan kebakaran yang melanda Bus Eka di Kecamatan Jogonalan.

Penyebab musibah kebakaran yang melanda bus dari arah Jogja-Solo, yakni terjadi korsleting di bagian kabel lampu di bus bagian belakang. Percikan api merembet ke mesin bus.

“Pengemudi bus segera memadamkan kebakaran mesin belakang menggunakan baskom berisi air. Baskom itu milik warung hik/angkringan di dekat lokasi kejadian,” katanya.

Baca Juga: Gudang Rosok di Baki Sukoharjo Terbakar, Kerugian Capai Rp400 Juta

Iptu Abdillah mengatakan tak ada korban jiwa atau pun korban luka dalam musibah kebakaran tersebut. Seluruh penumpang bus dalam kondisi selamat dan dapat melanjutnya perjalannya ke arah Solo.

“Jumlah penumpang 30 orang. Seluruhnya aman dan tidak ada korban jiwa. Seluruh pebumpang sudah dioper langsung [dipindahkan ke bus lain untuk melanjutkan perjalanan],” katanya.


Berita Terkait
    Promo & Events
    Honda Motor Jateng
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago