Burung Kuntul, Predator Pemangsa Hama Penjaga Keseimbangan Alam

Burung ini banyak dijumpai di area persawahan di wilayah Kecamatan Polanharjo, Klaten
Burung Kuntul, Predator Pemangsa Hama Penjaga Keseimbangan Alam
SOLOPOS.COM - Burung kuntul (Ardeola speciosa) mencari makan di area persawahan yang sedang dibajak petani di Sidomulyo, Kecamatan Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah, Jumat (27/8/2021). Burung ini masuk ke dalam jenis burung yang dilindungi dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 1999 tentang Pengawetan Tumbuhan dan Satwa. (Solopos/Burhan Aris Nugraha)

Solopos.com, KLATEN — Burung kuntul (Ardeola¬†speciosa) banyak dijumpai di area persawahan seperti terlihat di wilayah Kecamatan Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah, Jumat (27/8/2021). Burung memiliki ciri berwarna putih dengan leher dan paruh panjang itu merupakan burung pemangsa yang berperan penting dalam rantai makanan. Predator alami hama pada tanaman padi ini selalu bermigrasi menuju persawahan yang sedang dibajak untuk mencari makan. Keberadaannya penting sebagai penjaga keseimbangan alam. Mereka memakan keong emas, cacing, tikus dan beberapa hama padi. Burung ini masuk ke dalam jenis burung yang dilindungi dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 1999 tentang Pengawetan Tumbuhan dan Satwa. (Solopos/Burhan Aris Nugraha)

 

Sekawanan burung kuntul (Ardeola speciosa) terbang rendah di area persawahan di Sidomulyo, Kecamatan Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah, Jumat (27/8/2021). (Solopos/Burhan Aris Nugraha)

 

Burung kuntul (Ardeola speciosa) mencari makan di area persawahan yang sedang dibajak petani di Sidomulyo, Kecamatan Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah, Jumat (27/8/2021). Predator alami hama pada tanaman padi ini selalu bermigrasi menuju persawahan yang sedang dibajak untuk mencari makan. (Solopos/Burhan Aris Nugraha)

 

Burung memiliki ciri berwarna putih dengan leher dan paruh panjang itu merupakan burung pemangsa yang berperan penting dalam rantai makanan. (Solopos/Burhan Aris Nugraha)

 

Keberadaannya penting sebagai penjaga keseimbangan alam karena memakan keong emas, cacing, tikus dan beberapa hama padi. (Solopos/Burhan Aris Nugraha)

Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago