Solopos.com, KLATEN — Burung kuntul (Ardeola speciosa) banyak dijumpai di area persawahan seperti terlihat di wilayah Kecamatan Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah, Jumat (27/8/2021). Burung memiliki ciri berwarna putih dengan leher dan paruh panjang itu merupakan burung pemangsa yang berperan penting dalam rantai makanan. Predator alami hama pada tanaman padi ini selalu bermigrasi menuju persawahan yang sedang dibajak untuk mencari makan. Keberadaannya penting sebagai penjaga keseimbangan alam. Mereka memakan keong emas, cacing, tikus dan beberapa hama padi. Burung ini masuk ke dalam jenis burung yang dilindungi dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 1999 tentang Pengawetan Tumbuhan dan Satwa. (Solopos/Burhan Aris Nugraha)

PromosiJalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

 

Ekspedisi Mudik 2024
Sekawanan burung kuntul (Ardeola speciosa) terbang rendah di area persawahan di Sidomulyo, Kecamatan Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah, Jumat (27/8/2021). (Solopos/Burhan Aris Nugraha)

 

Burung kuntul (Ardeola speciosa) mencari makan di area persawahan yang sedang dibajak petani di Sidomulyo, Kecamatan Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah, Jumat (27/8/2021). Predator alami hama pada tanaman padi ini selalu bermigrasi menuju persawahan yang sedang dibajak untuk mencari makan. (Solopos/Burhan Aris Nugraha)

 

Burung memiliki ciri berwarna putih dengan leher dan paruh panjang itu merupakan burung pemangsa yang berperan penting dalam rantai makanan. (Solopos/Burhan Aris Nugraha)

 

Keberadaannya penting sebagai penjaga keseimbangan alam karena memakan keong emas, cacing, tikus dan beberapa hama padi. (Solopos/Burhan Aris Nugraha)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Rekomendasi