SOLOPOS.COM - Pelaksanaan aksi sumbang darah di Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (Dissos P3AKB) Klaten, Jumat (17/12/2021). Kegiatan tersebut disambut antusias sejumlah pegawai di Dissos P3AKB Klaten. (Istimewa/Dokumentasi Dissos P3AKB Klaten)

Solopos.com, KLATEN — Palang Merah Indonesia (PMI) cabang Klaten menggulirkan program donor darah gratis sembako. Salah satu isi paket sembako, yakni minyak goreng.

Program itu mulai bergulir, Selasa (12/4/2022). Sembako yang tersedia mencapai 400 paket. Isi paket sembako, seperti minyak kemasan ukuran 1 liter, gula, serta biskuit.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pelayanan donor darah bisa dilayani di gedung PMI Klaten, Kelurahan Bareng Lor, Kecamatan Klaten Utara yang buka pelayanan setiap Senin-Minggu pukul 07.00 WIB-22.00 WIB.

Baca Juga: 30-An PNS Klaten Aksi Sumbang Darah demi Kemanusiaan

Pelaksana Humas PMI cabang Klaten, Septiana Ninda Anisa, menjelaskan program donor darah gratis sembako menjadi agenda rutin PMI Klaten saban Ramadan. Biasanya, paket sembako yang diberikan berupa beras. Ramadan kali ini, paket sembako yang diberikan berupa minyak goreng dan sembako lainnya.

“Saat ini minyak goreng juga mahal, kami menariknya dengan minyak goreng, gula pasir, dan biskuit,” jelas Ninda saat dihubungi Solopos.com, Senin (11/4/2022) sore.

Tak ada patokan hingga kapan program tersebut bergulir. Program bakal berjalan selama persediaan sembako masih ada. Yang pasti, program itu berjalan mulai Selasa.

Baca Juga: PMI Klaten Kirim Logistik untuk Korban Erupsi Gunung Semeru di Lumajang

“Kalau mau mendonorkan darah tidak ada syarat khusus. Setiap pendonor yang datang ke PMI dan lolos untuk menjadi pendonor diberi paket sembako selama persediaan masih ada,” kata dia.

Program donor darah gratis sembako digulirkan untuk menarik minat warga mendonorkan darah mereka agar persediaan darah tetap tercukupi selama Ramadan. Saat Ramadan, jumlah pendonor di PMI cenderung menurun. Hal itu berdampak pada menurunnya stok darah.

Ninda mencontohkan stok darah yang ada di PMI Klaten terbatas, Senin sore. Stok darah itu, yakni golongan darah A dan AB.

“Stok golongan dara A jumlahnya 11 kantong, B 201 kantong, O 143 kantong, dan AB 1 kantong. Banyak yang membutuhkan stok darah A dan AB,” jelas Ninda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya