SOLOPOS.COM - Para pemain Tottenham Hotspur merayakan gol. (JIBI/Reuters/Paul Childs)

Bursa transfer diwarnai dengan Tottenham Hotspur yang pasif dalam belanja pemain.

Solopos.com, ORLANDO — Playmaker Tottenham Hotspur, Christian Eriksen, membela timnya yang seperti pasif dalam bursa transfer musim panas ini. Di saat para pesaingnya jorjoran membeli pemain baru, Spurs sama sekali belum merogoh kocek di jendela transfer. Mereka justru menjual sejumlah pilar seperti Kyle Walker dan Nabil Bentaleb.

Promosi Tragedi Simon dan Asa Shin Tae-yong di Piala Asia 2023

Walker baru saja hijrah ke Manchester City dengan mahar 51,5 juta euro (Rp799 miliar) yang menjadikannya bek termahalsejagat. Adapun Bentaleb akhirnya dilepas ke Schalke senilai 19 juta euro setelah musim lalu dipinjamkan ke klub Jerman itu.

Tottenham bahkan menjadi satu-satunya tim di Liga Premier Inggris yang belum merekrut amunisi baru di bursa  transfer. Sebagai perbandingan, tim lain yang menggapai tujuh besar di klasemen musim lalu telah membelanjakan sedikitnya 30 juta poundsterling untuk membeli pemain baru.

Menyikapi senyapnya pergerakan Spurs ini, Eriksen punya pendapat sendiri. Dia menilai belanja banyak pemain anyar tak menjamin sebuah klub bakal berjaya. “Saya tidak berpikir Anda perlu mengeluarkan uang banyak untuk memenangi sesuatu,” ujarnya seperti dilansir ESPN, Minggu (22/7/2017).

Lilywhites, julukan Tottenham, sebenarnya pernah mengalami fase jorjoran di bursa transfer. Itu terjadi pada musim panas tahun 2013 saat tim mengeluarkan dana 108 juta poundsterling untuk tujuh pemain. Namun mereka belum kunjung meraih trofi Liga Premier Inggris.

Dari deretan pemain itu, hanya Eriksen dan Lamela yang bertahan di White Hart Lane sampai sekarang. Spurs agaknya telah belajar dari pengalaman dan tak asal menghamburkan dana untuk pemain anyar.

“Tergantug Anda melihat sebuah tim, bagaimana mereka bermain. Dengan hanya Walker yang keluar, saya tak melihat kami tak mampu bersaing di musim depan,” tutur eks pemain Ajax Amsterdam itu.

Spurs bukannya tanpa upaya untuk mendatangkan amunisi baru. Winger Leicester Riyad Mahrez belakangan menjadi incaran Pelatih Mauricio Pochettino. Namun Spurs mengindikasikan tak jadi membeli sang pemain apabila Leicester melabelinya dengan harga 50 juta pounds ke atas.

Sebagai solusi, Tottenham kemungkinan menawarkan gelandang mereka Moussa Sissoko plus 30 juta pounds untuk mendatangkan Mahrez ke White Hart Lane. Mereka juga mengincar bek sayap Paris Saint Germain, Serge Aurier, untuk menambal tempat yang ditinggalkan Walker.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya