SOLOPOS.COM - Aymeric Laporte (JIBI/REUTERS/Vincent West)

 

Bursa transfer diwarnai dengan Manchester City yang menggaet bek anyar.

Promosi Kanker Bukan (Selalu) Lonceng Kematian

Solopos.com, MANCHESTER — Manchester City belum kapok membeli bek dengan harga striker. Tim yang diarsiteki Josep “Pep” Guadiola ini bahkan siap memecahkan rekor transfer klub dengan mendatangkan defender Athletic Bilbao, Aymeric Laporte.

Ekspedisi Mudik 2024

City dilaporkan rela membayar klausul pelepasan bek Timnas Prancis U-21 tersebut senilai 57 juta poundsterling (Rp1,07 triliun). Itu berarti Laporte akan memecahkan rekor transfer pemain termahal dalam sejarah City, Kevin de Bruyne, ketika dibeli dari Wolfsburg senilai 55 juta poundsterling pada 2015 silam.

Transfer Laporte disebut-sebut tuntas, Selasa (30/1/2018) sore waktu setempat alias sehari sebelum deadline day bursa transfer Januari ini. Dengan ditemani pasangannya Sara Botello, Laporte tiba di Hotel Radisson Blu, Manchester.

Seperti dilansir Sky Sport, Selasa, bek tengah berusia 23 tahun itu mengucap salam perpisahan dengan Athletic lewat akun Twitter resmi klub asal Busque tersebut. Dia berterima kasih kepada rekan-rekan setim dan fans yang telah membantunya selama enam tahu mengenakan kostum Athletic.

“Saya ingin ucapkan terima kasih kepada keluarga besar Athletic Bilbao atas segalanya yang sudah diberikan kepada saya. Saya datang ke sini sebagai seorang remaja dan saya tumbuh sebagai seseorang dan pesepak bola. Perpisahanku ini karena saya ingin tantangan baru dalam karier profesionalku. Saya tidak ingin mengucap perpisahan, namun sampai jumpa. Saya akan tinggalkan klub unik, berbeda, dan saya tidak akan pernah melupakannya,” tulis Laporte dalam pesannya, seperti dilansir Dailymail.co.uk.

Sebelumnya, Guardiola enggan blak-blakkan ketika dimintai komentar tentang spekulasi transfer Laporte. Namun, kini eks pelatih Barcelona dan Bayern Munich itu tidak lagi bisa menolak.

“Ada pemain di masa lalu yang kami minati dan kami akan wujudkan dia untuk masa depan,” ucap Guardiola.

Laporte memang bukan incaran baru City. Pada Oktober 2016, City sudah berusaha membelinya. Namun, saat itu bek dengan postur tinggi badan 1,91 meter tersebut menolak bergabung dengan Guardiola di Stadion Etihad.

City era Guardiola memang dikenal gila-gilaan belanja pemain, Guardiola menghabiskan 450 juta poundsterling (Rp8,5 triliun) untuk mendatangkan amunisi baru. Itu termasuk pembayaran pelepasan kontrak senilai 57 juta poundsterling Laporte, Selasa kemarin.

Sekitar 190 juta poundsterling dari total uang yang sudah dibelanjakan City dipakai khusus untuk belanja bek. Laporte tercatat sebagai defender termahal di dunia setelah Virgil van Dijk yang dibeli Liverpool dari Southampton senilai 75 juta poundsterling musim dingin ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya