SOLOPOS.COM - Bupati Kendal, Dico M Ganinduto, bersama Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka. (Instagram @dicoganinduto)

Solopos.com, SEMARANG — Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, masuk dalam bursa calon gubernur Jawa Tengah (Jateng) yang digelar Aksara Research and Consulting. Gibran diunggulkan dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jateng 2024 berpasangan dengan Bupati Kendal, Dico M. Ganinduto.

Direktur Eksekutif Aksara Research and Consulting, Hendri Kurniawan, menjelaskan munculnya nama Gibran dan Dico dapat dilihat sebagai keterwakilan anak muda dalam pesta demokrasi yang kian dekat. “Mereka dianggap tokoh yang tepat untuk memimpin Jawa Tengah ke depan,” ucapnya dalam konferensi pers yang digelar di Kawasan Kota Lama, Selasa (7/2/2023) sore.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Aksara Research and Consulting secara khusus membatasi kelompok usia responden di 17-39 tahun. Adapun proses survei dilakukan pada 15-25 Januari 2023 lalu. Dari survei yang dilakukan, 31,8 persen anak muda menyebut pasangan Gibran-Dico cocok sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah di masa mendatang.

Di bawahnya, ada pasangan Hendrar Prihadi dan Taj Yasin Maimoen dengan elektabilitas 24,6 persen. Pasangan Gibran-Hendrar Prihadi juga dipasangkan namun hanya mencatatkan elektabilitas di angka 15,4 persen. Sementara dari keseluruhan responden, 18,9 persen cenderung memilih abstain.

“Kami memotret bahwa partisipasi politik anak muda terhadap Pemilu 2024 itu cukup tinggi. Mereka bersedia untuk datang ke TPS. Itu cukup tinggi, di angka 90,3 persen dan ini sebenarnya menarik,” jelas Hendri.

Lebih lanjut, Hendri memaparkan hasil temuan dari survei Pilgub Jateng 2023 itu diketahui bahwa anak muda di Jateng memiliki perhatian yang besar pada isu lingkungan, lapangan kerja, kesejahteraan masyarakat, juga teknologi. Adapun untuk figur kepala daerah, Hendri menyebut bahwa faktor ketokohan seseorang masih jadi pertimbangan utama.

“Kriteria utama mereka untuk memilih partai politik di Jawa Tengah ternyata yang paling dilihat adalah tokoh partai,” ucapnya.

Dengan preferensi tersebut, tak heran jika PDIP menjadi partai dengan elektabilitas terbesar di kalangan anak muda Jateng. Dari hasil survei yang dilakukan, 32,9 persen anak muda menyebut bakal memilih PDIP ketika Pemilu dilakukan hari ini.

“PDIP masih menjadi partai politik yang akan dipilih oleh anak muda dan ini representatif dengan perilaku persepsi masyarakat secara keseluruhan. Bahwa PDIP akan menjadi partai politik yang menjadi pilihan di 2024 mendatang,” kata Hendri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya