SOLOPOS.COM - Pelatih Heinz, Thomas Tuchel, akan menjadi pelatih Borussia Dortmund. Ist/kaisermagazine.com

Bursa pelatih Borussia Dortmund akhirnya terjawab. Thomas Tuchel gantikan posisi Klopp.

Solopos.com, DORTMUND — Borussia Dortmund resmi menunjuk mantan pelatih Mainz 05, Thomas Tuchel, untuk menjadi suksesor Juergen Klopp.
Tuchel telah menandatangani kontrak untuk menukangi klub berjuluk Die Borussen itu selama tiga musim ke depan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pelatih berusia 41 tahun itu secara resmi akan mengambil alih posisi Klopp sepekan setelah kompetisi musim ini berakhir. “Borussia Dortmund akan memperkenalkan Thomas Tuchel secara resmi sepekan setelah akhir musim. BVB meminta pengertian bahwa tidak akan ada komentar yang dibuat dari siapapun saat ini,” ungkap Dortmund dalam pernyataan di situs resmi mereka, seperti dilansir theguardian.com, Minggu (19/4/2015).

Pada Rabu (15/4/2015), Dortmund mengumumkan keputusan Klopp untuk mengundurkan diri dari jabatannya setelah melewati masa sulit musim ini. Direktur eksekutif Hans Joachim Watzke pun mengizinkan Klopp melepas jabatan lebih awal dari masa kontraknya.

Tuchel menjadi kandidat kuat untuk mengambil alih posisi pelatih sejak Klopp menyatakan pengunduran diri. Sama seperti Klopp, Tuchel juga mengawali karier pelatih bersama Mainz 05.

Mantan defender tim kasta ketiga Jerman, SSV Ulm, itu menduduki kursi pelatih Mainz sejak 2009 silam. Kontraknya bersama Mainz sebenarnya berlaku hingga akhir musim ini. Namun, Tuchel memutuskan mengambil cuti selama satu tahun sejak 2014 lalu. Dia sempat mendapatkan tawaran untuk menukangi Schalke dan Bayer Leverkusen dalam masa cuti panjangnya.

Tuchel juga dikabarkan tengah dilirik tim Liga Premier Inggris, Newcastle, tapi Dortmund lebih dulu mengikatnya.
Die Borussen sempat berada dalam ancaman degradasi pada awal musim ini. Namun, runner up Bundesliga musim lalu itu perlahan bangkit. Kini, skuat Juergen Klopp itu merangkak ke peringkat kedelapan klasemen sementara dengan raihan 36 poin dan menyisakan jarak satu poin dari Hoffeinheim yang menempati ranking ketujuh.

Klopp membuat perpisahannya lebih manis saat menghajar Paderborn 3-0 di Signal Iduna Park, Dortmund, Sabtu (18/4) malam WIB. Tiga gol yang diciptakan Henrikh Mkhitaryan, Pierre-Emerick Aubameyang, dan Shinji Kagawa, menjadi kado perpisahan bagi pelatih incaran Manchester City itu.

Para pendukung Dortmund pun terlarut dalam emosional di akhir laga. Mereka bertepuk tangan dan menyambut meriah hasil kerja keras Klopp. Para fans berharap pesta perpisahan Klopp bakal berlanjut dengan kemenangan gemilang saat menjamu Werder Bremen, 23 Mei nanti.

“Saya pikir sangat bagus bahwa penonton penuh hari ini. Mereka berperilaku baik, karena hari ini bukan hanya tentang saya, tapi tentang tim yang bermain dengan bagus,” ujar Klopp, dilansir Soccerway, Minggu. (Tri Indriawati/JIBI/Solopos)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya