SOLOPOS.COM - Honda Giorno (honda.com)

Bursa motor akan diramaikan skutik hasil kerja sama Honda-Yamaha.

Solopos.com, TOKYO – Tidak seperti penggemar fanatiknya yang saling cela, hubungan Honda dan Yamaha di tataran prinsipal ternyata cukup akur. Terbukti dua merek besar di bursa motor itu akan berkolaborasi membuat skuter matik (skutik).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Belum diketahui kapan kolaborasi itu dimulai, namun dalam siaran resmi Honda Motor Corp yang dilansir laman Paultan, Rabu (5/10/2016), sudah ada tiga poin yang menjadi dasar dari kerja sama antara duo pabrikan otomotif kenamaan asal Jepang itu.

Pertama, Honda akan memasok skutik bermesin 50 cc sebagai produk original equipment manufacturer (OEM) kepada Yamaha sebelum 2018. Skutik yang disuplai adalah model Honda Giorno dan Honda Tact. Dua skutik itu akan dijual dengan identitas baru, masing-masing mengusung nama Yamaha Vino dan Yamaha Jog.

Kedua, dari hasil pengembangan mesin Giorno dan Tact itu Honda dan Yamaha akan bekerja sama menciptakan satu skutik 50 cc yang benar-benar baru. Pabrikan berlambang sayap mengepak akan memasarkan skutik anyar itu dengan nama Honda Benly.

Sementara pabrikan berlambang garpu tala akan menjualnya dengan nama Yamaha Gear. Kemungkinan pengembangan bersama untuk generasi lanjutan dari model tersebut akan dibahas oleh kedua pabrikan pada kemudian hari.

Ketiga, Honda dan Yamaha juga akan bekerja sama dalam meningkatkan populasi skutik tenaga listrik di Jepang. Dua pabrikan itu akan menciptakan skutik listrik baru golongan class-1 yang fokus pada isu efisiensi listrik, jarak tempuh, durasi pengisian daya, kinerja, dan ongkos produksi.

Khusus poin ketiga, Honda dan Yamaha juga membuka kesempatan bagi pabrikan atau merek lain di bursa motor yang ingin bergabung demi memajukan industri kendaraan ramah lingkungan di Negeri Sakura.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya