SOLOPOS.COM - Teaser mobil Alibaba Express. (Timesofindia.com)

Bursa mobil Tiongkok diramaikan toko online Alibaba Express.

Solopos.com, SHANGHAI – Toko online terbesar di Tiongkok, Alibaba Express, tidak lama lagi ikut terjun meramaikan bursa mobil. Bukan sekadar berjualan, perusahaan e-commerce itu bahkan ikut menciptakan mobil.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dilaporkan laman Timesofindia, Rabu (23/3/2016), produk pertama Alibaba di bursa mobil Tiongkok akan berbentuk SUV dan dijadwalkan meluncur April mendatang. Belum diketahui namanya, namun dikatakan mobil itu mengusung konsep kendaraan cerdas yang disebut Internet Car.

Kepala Tekonologi Alibaba, Wang Jian, menjelaskan Internet Car mengadopsi beberapa teknologi yang juga tengah dikembangkan Google dalam mobil autopilotnya, antara lain sensor komputer, kemampuan komunikasi, kecerdasan buatan, dan kontrol otomatis.

Menurut Wang, mobil SUV Alibaba akan menyuguhkan sensasi berkendara yang melebihi ekspektasi. Ia juga mengatakan mobil yang belum dibuka selubungnya itu sangat mudah dioperasikan layaknya memainkan ponsel pintar (smarphone).

”Mobil ini tidak hanya membuat orang berkomunikasi denga mobilnya, tetapi juga membuat mobilnya berkomunikasi dengan kendaraan lain dan infrastruktur,” ungkap Wang.

Tetapi Alibaba tidak menciptakan mobil itu sendirian. Mereka bekerja sama dengan Shanghai Automotive Industri Corporation (SAIC), yakni salah satu BUMN Tiongkok yang juga berinvestasi di Indonesia dengan mendirikan pabrik mobil Wuling.

Seperti kebanyak produk keluaran terbaru di bursa mobil Tiongkok, SUV besutan Alibaba Express juga akan menggendong mesin bertenaga listrik. Kendati demikian spesifikasi detailnya masih dirahasiakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya