SOLOPOS.COM - Mitsubishi Lancer 2015 (Caradvice.com)

Bursa mobil Indonesia di segmen sedan memang tengah sepi pembeli. Bahkan, Mitsubishi berani meninggalkan sektor itu dan berfokus pada segmen SUV.

Solopos.com, JAKARTA – Berubahnya minat konsumen terhadap jenis mobil yang mereka beli beberapa tahun terakhir ini membuat bursa mobil di segmen sedan seolah koma. Data penjualan yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Indonesia (Gaikindo) awal 2015 menunjukkan minat tertinggi masyarakat lebih tertuju pada mobil multi purpose vehicle (MPV) dan disusul sport utility vehicle (SUV) serta city car.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sama halnya dengan data Gaikindo, principal Mitsubishi Motors di Jepang juga menyadari segmen mobil sedan sedang ramai dengan persaingan teknologi namun tak menguntungkan dari segi penjualan. Dengan alasan tersebut, Mitsubishi memutuskan untuk fokus menggarap SUV sesuai dengan kontrak kerja sama mereka dengan Renault.

“Ada dua alasan di balik hal ini, pertama, investasi kami yang fokus pada SUV, PHEVS, dan EVS. Kedua, pasar sedan yang saat ini sedang surut,” ujar President and COO Mitsubishi Motors, Tetsuro Aikawa, seperti dilansir laman Caradvice, Sabtu (14/3/2015).

Tetsuro juga menambahkan, Mitsubishi Lancer dan Lancer Evo yang notabene tulang punggung Mitsubisi di segmen sedan dipastikan akan mati alias tak diproduksi lagi.

“Sayangnya, untuk sementara kami tidak berencana mengembangkan sedan. Melihat kondisi sekarang, kami tidak mungkin meluncurkan Lancer generasi terbaru. Sebaliknya, kami hanya akan fokus pada penjualan Lancer yang sudah ada,” ungkap Tetsuro.

Seperti diketahui, varian terbaru sekaligus terakhir dari Mitsubishi Lancer meluncur Agustus tahun lalu. Kebosanan Mitsubishi dalam menggarap Lancer tampak dari segi desain tak berubah sejak tahun 2013. Produsen berlambang tiga berlian itu hanya memberi ubahan minimalis seperti lekuk-lekuk pada bodi samping, spion yang kini dilengkapi lampu sein, paket audio, sunroof dan jok kulit.

Sedangkan pada sektor dapur pacu, Mitsubishi sama sekali tidak memberikan ubahan apapun. Sedan penerus seri Gallan itu masih dibekali mesin 4B114 in-line 16-Valve MIVEC DOHC dengan tenaga sebesar 115 hp. Dengan level tenaga seperti itu, Mitsubishi Lancer bersaing ketat dengan Subaru WRX STI di bursa mobil nasional Jepang.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya