SOLOPOS.COM - Pabrik mobil SAIC GM Wuling di Liuzhou, Tiongkok. (Carnewschina.com)

Bursa mobil Indonesia akan diramaikan oleh mobil Tiongkok yang diproduksi GM.

Solopos.com, BEIJING – Bursa mobil Indonesia akan diserbu mobil Tiongkok yang diproduksi oleh produsen mobil General Motors (GM). Mulai Juli 2015 mendatang, GM bersama SAIC Motor Tiongkok akan mendirikan pabrik di Tanah Air.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pabrik itu akan digunakan untuk memproduksi mobil merek Wuling yang akan dipasarkan pada Juli 2017.

Ekspedisi Mudik 2024

Seperti dilansir laman Antara, Kamis (14/5/2015), Kepada BKPM Franky Sibarani melakukan kunjungan ke Beijing, Tiongkok, untuk bertemu dengan direksi SAIC GM Wuling (SGMW) serta meninjau pabrik mereka di Qingdao, Tiongkok.

“Ini sangat positif bagi Indonesia, dan pertemuan serta kunjungan langsung BKPM ke pabrik SGMW di Qingdao merupakan upaya untuk lebih memantapkan rencana investasi itu agar segera terealisasi, sekaligus memastikan calon investor memang serius, dan mereka juga merasa kami serius menanggapi minat mereka,” tutur Franky.

Kepala Marketing BKPM untuk Tiongkok, Harri Santoso juga menambahkan SGMW akan berinvestasi sebesar US$700 juta hingga US$800 juta di Indonesia. Ia memaparkan SGMW akan mendirikan pabrik di kawasan industri Cikarang, Bekasi, Jawa Barat dengan lahan seluas 60 hektare.

Dikutip Solopos.com dari laman Okezone, 50 persen dari lahan itu akan dijadikan sebagai pabrik perakitan utama. Sedangkan 50 persen sisanya akan digunakan untuk mendirikan 12 perusahaan suku cadang pemasok mobil Wuling. Totalnya, pabrik itu akan menampung sekitar 3.000 pekerja.

Sama seperti yang dilakukan Nissan lewat Datsun Go+, Wuling juga akan hadir di bursa mobil Indonesia sebagai mobill multi purpose vehicle (MPV) berbasis mobil murah ramah lingkungan (LCGC).

Di negara asalnya, SGMW telah memiliki empat pabrik dengan total produksi mencapai 2 juta unit mobil per tahun. Selain itu, mobil Tiongkok yang telah beredar sejak 2002 itu juga pernah menyabet penghargaan best value car.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya