SOLOPOS.COM - Suasana pameran dan pengundian Honda BRV di Java Supermall, Semarang, Kamis (18/8/2016). Pengundian ini Honda BRV berhasil dimenangkan oleh pembeli Mobilio pada Juni 2016 asal Magelang, Santi Irawati. (Imam Yuda Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

Bursa mobil Jateng selama 2016 diklaim Honda telah membuat 10.525 unit produknya terjual.

Semarangpos.com, SEMARANG – Bursa mobil Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (Jateng-DIY) diklaim Honda setempat bergairah sepanjang 2016 ini. Penjualan mobil produk Honda melonjak cukup tajam.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sales and After Sales Director Honda Semarang Center (HSC), Sumantri, menyebutkan selama kurun waktu Januari-Juli 2016 tercatat sudah sekitar 10.525 unit mobil Honda laku di bursa mobil Jateng-DIY.

Ekspedisi Mudik 2024

”Jika dibandingkan periode yang sama [Januari-Juli] tahun lalu [2015] jumlah ini jelas mengalami peningkatan cukup signifikan. Periode yang sama pada tahun lalu, kami hanya berhasil menjual sebanyak 9.037, tapi kali ini bisa mencapai 10.000. Jadi ada peningkatan sekitar 3% dibanding periode yang sama tahun lalu,” terang Sumantri saat berbincang dengan wartawan di sela-sela acara pengundian Mobil BRV di Java Supermall, Semarang, Kamis (18/8/2016).

Meski mengalami peningkatan, Sumantri mengaku jumlah itu belum memenuhi target penjualan yang ditetapkan selama Januari-Juli 2016. Selama tujuh bulan terakhir ini, pihaknya baru berhasil mencapai sekitar 97% dari target penjualan yang ditetapkan.

”Selama 2016 ini, penjualan tertinggi terjadi di bulan Juni. Selama bulan Juni tercatat penjualan mobil Honda di Jateng-DIY mencapai 1.955 unit. Jumlah ini tentunya lebih besar daripada penjualan pada bulan sesudahnya, yakni pada Juli 2016, yang hanya mencapai 1.408 unit,” imbuh Sumantri.

Sumantri mengaku meningkatnya penjualan mobil Honda pada bulan Juni itu tak terlepas dari kondisi pasar saat itu. Pada bulan Juni, banyak masyarakat yang membeli mobil guna memenuhi kebutuhannya saat Lebaran.

”Selain itu, pada bulan Juni kami juga banyak membuat program promosi untuk mendongkrak penjualan, salah satunya dengan undian berhadiah beli mobil Honda BRV atau Mobilio berhadiah Mobil BRV,” beber Sumantri.

MPV tetap favorit
Sumantri menambahkan dari total penjualan mobil Honda di wilayah Jateng-DIY selama Januari-Juli itu mobil jenis multi purpose vehicle (MPV) masih menjadi favorit. Hal ini dibuktikan dengan masih dominsi Honda Mobilio dalam bursa mobil Honda di Jateng-DIY.

Mobilio berada di posisi teratas dalam penjualan produk Honda, yakni 2.209 unit atau 21,5% dari total penjualan mobil Honda di Jateng-DIY selama kurun waktu Januari-Juli 2016. Honda HRV menyusul dengan angka penjualan 1.908 unit dan disusul mobil low cost green car (LCGC) Honda, Brio Satya, dengan angka penjualan mencapai 1.904 unit. ”Pangsa pasar untuk mobil jenis MPV memang masih besar. Tapi, persaingannya juga cukup besar. Tapi, kami yakin masih bisa menguasai pasar,” tutur Sumanti.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya