SOLOPOS.COM - Hyundai Tucson. (Motoring.com.au)

Bursa mobil Amerika Serikat banyak produk yang lampu utamanya kurang aman.

Solopos.com, WASHINGTON – Lembaga keselamatan berkendara Insurance Institute  for Highway Safety (IIHS) merilis data yang menyebut 17 dari 21 SUV di bursa mobil Amerika Serikat memiliki lampu depan (headlight) yang tidak aman.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pihak IIHS menguji headlight mobil-mobil tersebut menggunakan peralatan yang dapat mengukur intensitas cahaya high beam dan low beam dalam lima kondisi jalan, yaitu lurus, tikungan curam ke kiri, tikungan curam ke kanan, belokan kanan berjenjang, serta belokan kiri berjenjang.

Hasilnya, 17 mobil SUV dinyatakan memiliki intensitas cahaya dengan tataran silau yang tidak dapat diterima dan membuat pengendara dari arah berlawanan terganggu pengelihatannya sehingga berpotensi menyebabkan kecelakaan.

Sedangkan mobil SUV yang dinyatakan lolos uji, sebagaimana dilansir laman Fortune Rabu (13/7/2016), adalah Hyundai Tucson, Honda CR-V, dan Ford Escape model 2017. IIHS juga menetapkan satu mobil sebagai The Best Performance Headlight Small SUV, dia adalah Mazda CX-3.

Dalam keterangannya, IIHS menjelaskan tinggi rendahnya harga masing-masing mobil yang mereka uji tidak memengaruhi performa pencahayaan lampu utama. Termasuk penggunaan teknologi seperti LED dan sebagainya, hal tersebut tidak menjamin sorot lampu masuk ke kategori aman.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya