SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, SEMARANG – Sebanyak 9.620 lowongan pekerjaan ditawarkan dalam pameran bursa tenaga kerja di Graha Mustika Kudus, Jawa Tengah (Jateng). Agenda yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus itu digelar selama dua hari, Rabu-Kamis (10-11/7/2019).

“Jumlah perusahaan yang mengikuti pameran bursa tenaga kerja sebanyak 20 perusahaan dari Kudus dan sekitarnya, dengan jumlah lowongan yang disediakan masing-masing perusahaan berbeda-beda,” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kudus, Bambang Tri Waluyo.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ia mencatat perusahaan yang ikut meramaikan bursa kerja, di antaranya ada Pura Group Kudus dan PR Sukun, kemudian dari Jepara juga ada Perusahaan Nusantara dan dari Demak ada Perusahaan Nusaboard.

Masyarakat yang ingin memanfaatkan bursa kerja tersebut tidak dikenakan biaya atau gratis

Adapun jumlah pengunjung yang ditargetkan selama pelaksanaan bursa kerja tersebut, yakni 10.000 pengunjung yang mencari lowongan pekerjaan.

Jumlah lulusan sekolah setelah Lebaran 2019, kata Bambang memang tergolong banyak. Hal itu terlihat dari meningkatnya jumlah pemohon kartu pencari kerja di Kudus.

“Kami mencatat sehari ada 50-100 pemohon kartu pencari kerja,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Kudus, Muhammad Tamzil, mengungkapkan pemerintah sudah berupaya menyediakan lowongan pekerjaan, namun karena keterbatasan anggaran tidak bisa menyerap semua angkatan kerja.

Untuk itu, kata dia, difasilitas melalui bursa kerja karena jumlah angkatan kerja dari tahun ke tahun terus bertambah.

Bursa kerja tersebut, katanya, tidak membatasi pesertanya harus dari Kudus, melainkan dari berbagai daerah juga diperbolehkan memanfaatkan kesempatan tersebut untuk mencari kerja.

Khoirun Nisa, salah seorang pencari kerja mengaku senang diselenggarakannya bursa kerja karena dimudahkan mencari pekerjaan dan tidak dikenakan biaya alias gratis.

“Saya mencari lowongan pekerjaan sesuai bidang keahlian saat kuliah,” ujarnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya