BURSA KERJA KLATEN : Perusahaan Tekstil Hingga Warung Soto Tawarkan Lowongan
Solopos.com|soloraya

BURSA KERJA KLATEN : Perusahaan Tekstil Hingga Warung Soto Tawarkan Lowongan

Bursa kerja Klaten, Pemkab Klaten mengadakan bursa kerja yang diikuti mulai dari perusahaan tekstil hingga warung soto.

Solopos.com, KLATEN — Sri Teguh Yuwono, 21, warga Desa Klepu, Ceper, mempersiapkan berkas surat lamaran kerja di panggung di Gedung Sunan Pandanaran, Selasa (18/10/2016) pagi.

Mengenakan kemeja dan celana panjang warna hitam, lulusan SMAN 1 Ceper Jurusan IPA tersebut menata berkas lamaran mulai dari foto berwarna, surat lamaran kerja ditulis tangan, daftar riwayat hidup, serta ijazah dengan rapi lalu dimasukkan amplop cokelat.

Dengan percaya diri, Teguh menyerahkan amplop berisi berkas persyaratan lamaran kerja itu ke petugas salah satu stan perusahaan peserta job fair atau bursa kerja. “Mendaftar ke Naga Mas Motor jadi customer service. Mudah-mudahan diterima,” kata pria yang saat ini bekerja menjaga counter ponsel itu saat diwawancarai Solopos.com.

Tak hanya satu, Teguh membawa dua berkas lamaran kerja untuk diserahkan ke perusahaan lain. “Belum tahu mau dimasukkan ke mana lagi. Ini baru lihat-lihat dulu,” katanya.

Sebanyak 50 perusahaan mengikuti bursa kerja Pemkab Klaten di Gedung Sunan Pandanaran, Selasa-Rabu (18-19/10/2016). Perusahaan peserta bursa kerja itu beragam mulai perusahaan tekstil seperti PT Danliris dan Sritex hingga warung soto seperti Soto Sedap.

Bursa kerja tersebut menyedot ribuan pencari kerja yang terus berdatangan. Sebagian pencari kerja sudah memantapkan pilihan melamar ke perusahaan peserta bursa kerja. Namun, ada juga yang masih bingung.

“Saya enam bulan ini pulang ke Klaten. Sebelumnya bekerja di Jakarta. Belum tahu ini mau daftar perusahaan apa,” kata Nanung, 24, pria asal Desa Kranggan, Kecamatan Polanharjo.

Kepala Dinsosnakertrans Klaten, Surti Hartini, mengatakan 50 perusahaan peserta bursa kerja berasal dari Soloraya dan luar Jawa. Perusahaan peserta bursa kerja beragam seperti perusahaan tekstil, pakaian jadi, penerbitan dan percetakan, perdagangan, jasa keuangan dan perbankan, industri baja, serta furnitur.

Selain itu, terdapat perusahaan peserta bursa kerja dengan penempatan kerja di wilayah Batam hingga luar negeri. Sementara itu, jumlah lowongan pekerjaan yang ditawarkan sebanyak 9.161 lowongan pekerjaan misalnya tenaga produksi, tenaga usaha jasa, tenaga usaha penjualan, tenaga tata usaha, teknisi, dan ketatalaksanaan.

Jumlah pencari kerja di Klaten hingga September 2016 tercatat 19.623 orang. Jumlah itu terdiri atas 13.813 pria dan 5.810 perempuan.

Close Video
Promo & Events
Baca Juga
View All
Berita Terpopuler
Indeks
Berita Terkini
Indeks

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago