SOLOPOS.COM - Petani menjemur tembakau (Antara)

Solopos.com, TEMANGGUNG — Pabrik rokok di wilayah Temanggung diminta bisa menyerap seluruh tembakau petani hasil panen pada 2021.

“Kami berharap agar tembakau Temanggung semuanya diserap, jangan sampai ada yang tersisa hingga akhir panen nanti,” kata Bupati Temanggung, M. Al Khadziq, seperti Antara, Senin (30/8/2021).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ia menyebutkan volume hasil panen tembakau di Temanggung pada tahun ini diperkirakan sekitar 14.000 ton. Khadziq menyampaikan dua gudang perwakilan pabrik rokok besar di Temanggung, yakni PT Gudang Garam dan PT Djarum sudah melakukan pembelian tembakau.

Baca Juga : China Incar Salak Nglumut Organik Lereng Merapi

Seiring semakin bagusnya kualitas tembakau, pihaknya berharap harga tembakau juga terus naik. Ia juga meminta para petani maupun pedagang untuk tetap menjaga kualitas tembakau Temanggung agar harganya tinggi.

“Saya mengajak seluruh petani dan pedagang buatlah tembakau Temanggung yang sebaik-baiknya, tidak usah dicampur dengan tembakau dari luar daerah untuk menjaga kualitas,” katanya.

Berdasarkan pantauan di salah satu gudang pembelian tembakau pada pekan lalu, katanya, harga tembakau sudah mencapai Rp62.500 hingga Rp65.000 per kilogram. “Saat ini, cuacanya bagus, semakin tua tembakau kualitas akan semakin bagus, saya yakin harga juga akan semakin naik lagi nantinya,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya