SOLOPOS.COM - Pembukaan kompetisi Gala Siswa Indonesia (GSI) jenjang sekolah menengah pertama (SMP) Kabupaten Sukoharjo di Stadion Gelora Merdeka, Jombor, Bendosari, Sukoharjo, Senin (25/7/2022). (Istimewa/Humas Pemkab).

Solopos.com, SUKOHARJO — Bupati Sukoharjo Etik Suryani meminta ajang pertandingan sepak bola jenjang sekolah menengah pertama (SMP) bertajuk Gala Siswa Indonesia (GSI) menjadi agenda tahunan di Kota Makmur.

“Saya mengapresiasi penyelenggaraan Gala Siswa Indonesia SMP Kabupaten Sukoharjo 2022,” Kata Etik.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

“Semoga kegiatan ini dapat dijadikan sebagai agenda rutin dan bisa kembali diselenggarakan di tahun-tahun yang akan datang,” tambah Etik dalam sambutan pembukaan GSI di Stadion Gelora Merdeka, Jombor, Bendosari, Sukoharjo, Senin (25/7/2022).

Kegiatan Gala Siswa Indonesia pada 2022 diawali dengan agenda selama tiga hari, Senin-Rabu (25-27/7/2022).

Pada kesempatan itu Bupati Etik juga menekankan agar pembinaan secara terprogram dan berkesinambungan terus dilakukan, tidak hanya menjelang adanya kejuaran atau turnamen.

Baca juga: Satu-Satunya di Sukoharjo, Perpustakaan Ngudi Ilmu Ada di Playstore Lo

“Kegiatan turnamen seperti ini selain sebagai ajang kejuaraan atau kompetisi dapat juga sebagai sarana pembinaan bagi klub dan para pemain. Sehingga melalui turnamen seperti ini akan melahirkan talenta-talenta muda yang berkarakter, berbakat, dan berprestasi dalam cabang sepak bola,” jelasnya.

Etik berharap pemain tidak hanya bisa berlaga di tingkat kabupaten. Tetapi juga bisa menjadi atlet terbaik yang dapat berlaga di tingkat provinsi maupun nasional.

“Mari bermain sungguh-sungguh, menjunjung tinggi sportivitas dan fair play. Taat pada ketentuan dan peraturan yang berlaku agar mampu bersaing dengan baik dan menjadi juara,” kata dia.

“Dan kepada para wasit saya mengajak semuanya untuk memimpin setiap pertandiangan secara profesional, objektif, dan menjunjung tinggi norma dan kehormatan wasit,” imbuhnya.

Etik juga menyampaikan Gala Siswa Indonesia merupakan salah satu upaya pemerintah dalam penguatan pendidikan karakter melalui bidang olahraga khususnya sepak bola.

Baca juga: Meriah, Kebo Kinul Sambut Kirab Obor Api ASEAN Para Games di Sukoharjo

Targetnya yakni anak didik yang bertujuan memperkuat karakter peserta didik melalui harmonisasi olah hati, olah rasa, olah pikir, dan olah raga.

Karakter tersebut menurutnya dapat dibangun dengan pelibatan dan kerja sama antara satuan pendidikan, keluarga dan masyarakat sebagai bagian dari Gerakan Nasional Reovolusi Mental.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Sukoharjo, Darno, mengatakan tujuan diadakan Gala Siswa Indonesia yakni untuk melaksanakan dan meningkatkan kecintaan dan apresiasi peserta didik terhadap olahraga sepak bola.

“[Pelaksanaan GSI juga dapat] menumbuhkan jiwa sportivitas, kerja keras, disiplin, komunikatif, bersahabat, menghargai prestasi dan tanggung jawab. Selain itu juga untuk mengembangkan minat dan bakat peserta didik terhadap olahraga sepak bola,” katanya.

Darno menambahkan kegiatan itu juga dapat menjaring dan membina peserta didik yang memiliki talenta sepak bola untuk kemudian menjadi bagian dari tim nasional.

Baca juga: Atlet Renang Sukoharjo Raih Emas Terbanyak di Popda Jateng, Siapa Dia?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya