Bupati Sugiri Akan Bikin Monumen Reog di Gunung Gamping Sampung
Solopos.com|jatim

Bupati Sugiri Akan Bikin Monumen Reog di Gunung Gamping Sampung

Dua proyek besar digagas Bupati Ponorogo, yakni membuat monumen reog dan museum peradaban Ponorogo di Gunung Gamping Sampung.

Solopos.com, PONOROGO -- Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko, berencana membangun monumen reog besar di bekas pertambangan gunung kapur Sampung, Ponorogo, Jawa Timur. Tidak hanya itu, di kawasan tersebut juga akan dibangun museum peradaban Ponorogo.

Hal itu disampaikan Sugiri dalam Rembuk Pariwisata Ponorogo bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahudin Uno, yang ditayangkan secara streaming YouTube, Minggu (13/6/2021).

“Reog sudah mendunia. Di Gunung Gamping Sampung akan dibangun monumen reog yang menjulang tinggi ke angkasa. Kalau di Bali ada Garuda Wisnu Kencana, di Ponorogo ada monumen reog,” kata Sugiri.

Dia menuturkan di kawasan monumen reog nantinya juga dibangun museum peradaban. Museum ini berisi tentang sejarah peradaban Ponorogo, seperti sejarah reog, Tegalsari, dan lainnya. Sugiri menambahkan museum tersebut akan dikonsep dengan tampilan yang kreatif dan tidak angker. Meskipun, yang koleksi yang ada di museum tersebut terkait kearifan masa lalu.

Baca Juga: Isolasi 88 Warga Positif Covid-19 di RS, Bupati Madiun: Supaya Perawatan Terjamin

Lebih lanjut, dia berniat akan membangun Telaga Ngebel supaya lebih terlihat memesona dan menarik. Selama ini, Telaga Ngebel menjadi potensi wisata alam yang menjadi andalan bagi Ponorogo. Ke depan akan dibangun kereta gantung dan pertunjukan tari reog.

“Setiap hari akan ada pertunjukan reog di sana [Ngebel]. Jadi, orang melihat reog tidak hanya menunggu Bulan Sura,” ujarnya.

Gudang Ekonomi Kreatif

Menparekraf, Sandiaga Uno secara daring menuturkan selama masa pandemi Covid-19 sektor pariwisata mengalami kontraksi yang cukup dalam. Untuk itu, perlu ada upaya untuk bertahan dalam situasi seperti ini.

Dia memuji bahwa Ponorogo merupakan daerah yang menjadi gudangnya pelaku ekonomi kreatif dan pelaku ekonomi digital. Ponorogo juga mempunyai event kelas nasional.

Baca Juga: Sabar, Daftar Tunggu Calon Haji di Madiun Mencapai 30 Tahun

Sandiaga menuturkan Ponorogo menjadi satu dari 20 kabupaten/kota di Indonesia yang terpilih untuk melakukan kerja sama dengan OK OCE. Hal ini karena Ponorogo memiliki prestasi dan potensi yang besar dalam bidang ekonomi kreatif dan pariwisata.

“Ada 20 kabupaten/kota yang terpilih dalam melakukan kerja sama dengan OK OCE. Salah satunya Ponorogo. Kementerian akan hadir untuk bersinergi dalam kebijakan dengan pemerintah daerah dalam meningkatkan ekonomi kreatif dan pariwisata,” jelas dia.

Dalam kesempatan itu, Pemkab Ponorogo menandatangani nota kerja sama dengan OK OCE Indonesia. Kerja sama ini untuk meningkatkan ekonomi masyarakat Ponorogo dalam memaksimalkan potensi wisata, ekonomi kreatif dan mengurangi pengangguran.



Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler
Berita Terkini
Indeks
Berita Video
View All

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago