SOLOPOS.COM - Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati bersama para pejabat berfoto bersama di Pendapa Sumonegaran Rumdin Bupati Sragen sebelum berangkat ke Lumajang untuk menyerahkan bantuan kepada korban erupsi Gunung Semeru, Selasa (21/12/2021). (Solopos.com/Tri Rahayu)

Solopos.com, SRAGEN — Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati bersama sembilan pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen berangkat ke Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, untuk menyerahkan bantuan sosial bagi warga terdampak erupsi Gunung Semeru, Selasa (21/12/2021).

Rombongan Bupati menempuh perjalanan sembilan jam untuk menyerahkan bantuan tunai senilai Rp300 juta yang bersumber dari donasi para aparatur sipil negara (ASN) dan masyarakat. Rombongan Bupati berangkat pada pukul 07.00 WIB menggunakan kendaraan darat.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Mereka melewati jalur jalan tol selama tujuh jam dan jalan arteri selama dua jam. Mereka tidak hanya membawa uang tunai tetapi juga membawa barang seperti mainan anak dan barang lainnya untuk para pengungsi.

Baca Juga: Pengungsi Erupsi Semeru Terus Bertambah, Capai 10.400 Orang 

“Kami ke Lumajang untuk menyerahkan bantuan dana yang terkumpul dari ASN, beberapa perusahaan, dan masyarakat, termasuk dari Persaudaraan Setia Hati Terate yang juga menyerahkan bantuan untuk disampaikan ke warga terdampak erupsi Gunung Semeru. Sebenarnya dana yang terkumpul mencapai Rp500 juta lebih, tetapi karena saat ini yang dibutuhkan uang tunai untuk bisa dimanfaatkan Pemkab Lumajang untuk memenuhi kebutuhan pengungsi,” jelas Bupati Yuni saat ditemui Solopos.com sebelum berangkat di Rumdin Bupati Sragen, Selasa pagi.

Yuni, sapaan akrabnya, menjelaskan dana bantuan itu masih terus mengalir sampai sekarang. Dia mengatakan separuh bantuan itu diwujudkan dalan bentuk uang tunai senilai Rp300 juta. Separuhnya lagi, ujar dia, akan diwujudkan dalam bentuk barang setelah ada relokasi warga terdampak erupsi Gunung Semeru.

Baca Juga: Lima Ibu Hamil Melahirkan di Posko Pengungsian Erupsi Semeru

“Barang itu bisa berupa material bangunan, semen, besi, atau barang lainnya. Kami berkeinginan seperti yang dilakukan Pemkab Sragen saat membantu warga di Lombok dengan membangunkan masjid dan perbaikan saluran air bersih dari Gunung Rinjani ke desa-desa di bawahnya. Seperti halnya saat membangunkan sekolah untuk warga yang terdampak bencana di Palu,” ujar Yuni

Yuni berangkat bersama Wabup Suroto, Sekretaris Daerah (Sekda) Tatag Prabawanto, didampingi para asisten, Badan Penggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Sosial dan dari PT Combine juga mau ikut untuk memberikan bantuan toilet sementara beberapa unit. “Kami nanti diterima Bupati Lumajang pada pukul 15.00 WIB. Kami minta doanya semoga perjalanan lancar semua,” ujarnya.

Baca Juga: Begini Kondisi Terkini Warga Terdampak Erupsi Gunung Semeru

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya