SOLOPOS.COM - Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi, memantau ketersediaan oksigen. (Antara)

Solopos.com, PURBALINGGA — Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi, turun langsung mengawasi ketersediaan tabung oksigen medis di rumah sakit umum daerah (RSUD).

Mengutip Antara, Rabu (7/7/2021), aksi Bupati ini sebagai respons peningkatan kasus positif Covid-19 di daerah Purbalingga dalam beberapa hari terakhir ini. “Kami terus memantau guna memastikan ketersediaan tabung oksigen untuk keperluan medis di RSUD di Purbalingga mencukupi,” katanya melalui siaran pers yang diterima di Purwokerto, Banyumas.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pemkab terus berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Pemprov Jateng dan turut mendorong produsen oksigen agar bisa memenuhi kebutuhan setiap rumah sakit. Beberapa hari yang lalu stok tabung oksigen di RSUD Goeteng tersisa 50 unit dan RSUD Panti Nugroho ada 37 unit. “Kami langsung menghubungi Dinkes Provinsi Jateng dan mudah-mudahan dalam waktu beberapa hari ke depan ini stok oksigen tambahan akan didistribusikan,” katanya.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga : 7 Wisata Bahari Layak Coba di Kabupaten Cilacap

Bupati berharap, koordinasi yang intensif membuat ketersediaan tabung oksigen dapat terus mencukupi. “Kami berharap tidak sampai terjadi jeda waktu kekosongan. Terlebih keberadaannya sangat dibutuhkan. Sejauh ini masih terpenuhi, tidak sampai terjadi kekosongan. Semuanya berdasarkan kapasitas dan kebutuhannya, masing-masing rumah sakit pasti tahu datanya berapa sehingga ada skala prioritas,” katanya.

Ia juga mengingatkan masyarakat untuk memperkuat disiplin protokol kesehatan guna menekan risiko penyebaran Covid-19 di wilayah setempat. “Terlebih lagi pada saat ini terdapat tren peningkatan kasus COVID-19 di Purbalingga sehingga seluruh masyarakat harus ikut berperan aktif dengan cara disiplin menjaga protokol kesehatan,” katanya.

Dinas Kesehatan Kabupaten Purbalingga menginformasikan jumlah pasien terkonfirmasi Covid-19 di wilayah setempat yang telah dinyatakan sembuh hingga 5 Juli 2021 sebanyak 6.486 orang.

Baca Juga : Kapolsek di Kota Semarang Tepergok Selingkuh di Rest Area, Istri Ditabrak Pelakor

“Bila pada tanggal 2 Juli 2021 jumlah pasien sembuh mencapai 6.194 orang, pada 5 Juli 2021 meningkat menjadi 6.486 orang,” kata Kepala Dinas Kesehatan Purbalingga, Hanung Wikantono.

Dia menambahkan total keseluruhan jumlah kasus terkonfirmasi Covid-19 di wilayah ini sejak awal penanganan sebanyak 8.902 orang. Dari jumlah tersebut, 6.486 dinyatakan sembuh, 378 meninggal dunia, 207 masih dirawat di sejumlah fasilitas kesehatan, dan 1.831 orang lainnya melakukan isolasi mandiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya