SOLOPOS.COM - Pelantikan kades terpilih di Kabupaten Pati. (Patikabgoid)

Solopos.com, PATI -- Bupati Pati, Haryanto, mengingatkan kepala ddesa yang baru saja dilantik untuk bisa menjadi pemersatu dan merangkul seluruh warga desa.

Mengutip Patikab.go.id, Kamis (27/5/2021), pelantikan kepala desa terpilih Pilkades Serentak 2021 se-Kabupaten Pati, berlanjut pada Senin (24/5/2021) di Pendapa Kabupaten Pati.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Seperti pelantikan kades pada Sabtu (22/5/2021), ada dua sesi pengambilan sumpah calon Kades terpilih. Sesi pertama dilantik 58 cakades dari lima kecamatan, sedangkan sesi kedua, ada 53 cakades dari lima kecamatan yang dilantik.

Baca Juga : Ada Ngarai Mirip Grand Canyon Amerika di Sukolilo Pati

Pelantikan secara bertahap ini dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. Sehari sebelumnya para cakades terpilih, tamu undangan, dan panitia menjalani swab antigen. Prosesi pengambilan sumpah pun dilaksanakan dengan jumlah tamu yang terbatas.

Dalam sambutannya, Bupati mengungkapkan prosesi pelantikan yang dipecah menjadi beberapa sesi ini untuk mencegah penularan Covid-19. Bupati mengungkapkan, ada satu kades yang tengah menjalani isolasi mandiri, sehingga akan dilantik secara virtual.

Bupati mengingatkan seluruh kades agar tetap menerapkan protokol kesehatan pascapelantikan ini. "Tidak boleh mengadakan pesta, mengadakan hiburan, yang akan membentuk kerumunan. Boleh tasyakuran, tapi terbatas. Cukup mengirim kardusan untuk masyarakat," imbau Bupati.

Kelompok Pendukung

Terkait tahapan pilkades yang telah dilalui, Bupati menegaskan tidak ada urgensi menunda pelantikan. Menurutnya seluruh tahapan pilkades sesuai dengan aturan yang berlaku.

Setelah pelantikan ini, Bupati berharap kades segera merangkul seluruh masyarakat. "Hilangkan kelompok- kelompok pendukung saat pilkades. Kades wajib merangkul semua masyarakat," ujarnya.

Bupati mengatakan, saran dan kritik dari masyarakat adalah hal biasa. Ia mengingatkan kades tidak boleh mendendam, sehingga pelayanan kepada masyarakat harus diperlakukan sama.

Baca Juga : Deretan Rumah Gedong Ini Milik Nelayan Juwana Pati

"Tujuan pelantikan tidak berjarak lama dengan pemilihan, agar kades terpilih segera memberikan pelayanan dan menggandeng seluruh masyarakat," terang Haryanto.

Bupati mewanti-wanti bagi kades, terutama yang pertama kali dilantik untuk melaksanakan pemerintahan sesuai dengan aturan, bukan melangkah sendiri. "Untuk itu kades wajib menaati aturan. Visi misi kampanye diwujudkan dalam RPJMDes. Nantinya kinerja kades dievaluasi tiap tahun," imbuh Bupati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya