SOLOPOS.COM - Penutupan akses masuk Kota Kudus. (Antara)

Solopos.com, KUDUS -- Akses masuk ke Kabupaten Kudus, Rabu (27/5/2021),  ditutup sementara demi mencegah masuknya kendaraan luar kota, termasuk wisatawan.

Hal ini untuk menekan penyebaran Covid-19 yang jumlah kasusnya di daerah setempat semakin bertambah. Mengutip Antara, Kamis (27/5/2021), salah satu akses masuk ke Kudus yang ditutup, yakni di Tanggulangin.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Lokasi ini menjadi pintu utama masuknya kendaraan dari luar daerah, terutama dari arah Semarang. Penutupan akses menggunakan pembatas air dan hanya menyisakan akses untuk kendaraan roda dua.

Baca Juga : Direktur RSUD Kudus Masuk Isolasi Pascaterpapar Covid-19

"Kami perlu melakukan langkah konkret, salah satunya dengan menutup akses masuk ke Kudus dan menyekat agar warga luar daerah untuk sementara tidak masuk ke Kudus," kata Bupati Kudus, Hartopo.

Menurut dia yang dicegah masuk tidak hanya sekadar bus wisata dari luar kota, termasuk bus mikro maupun kendaraan pribadi dari luar kota. Tim Satgas Covid-19 Kudus juga melakukan uji cepat antigen secara acak untuk mengecek ada tidaknya warga yang terpapar virus Corona.

Pemkab Kudus juga sudah menutup semua objek wisata untuk sementara waktu sambil menunggu perkembangan kasus Covid-19 di Kudus. "Jika ada penurunan, tentu aktivitas perekonomian masyarakat akan normal kembali, termasuk objek wisata di Kudus," ujarnya.

Baca Juga : Balai Jagong Kudus Dilarang untuk Jualan Ratusan PKL

Bupati mengakui tidak bisa memastikan kapan penutupan akses masuk dan penyekatan berlangsung karena disesuaikan dengan perkembangan kasus Covid-19 di Kudus.

Melonjaknya kasus Covid-19 di Kudus secara sangat signifikan salah satunya timbul dari klaster rumah tangga. Hal ini setelah mereka melakukan anjangsana tanpa mematuhi protokol kesehatan. Penyebarannya juga hampir merata di berbagai kecamatan di Kudus.

Dishub Kudus juga menyiagakan 70-an personel untuk menghalau bus wisata di enam titik yang terbagi menjadi tiga gilir kerja. Di antaranya, di Kerawang, Ngembalrejo, Jalan Lingkar Kencing, Tugu Dawe, Poroliman Tanjung, dan Jetak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya