SOLOPOS.COM - Bupati Magelang, Zaenal Arifin. (Antara)

Solopos.com, MAGELANG — Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang diminta segera merealisaikan isolasi terpusat bagi pasien Covid-19 di daerah itu. Mengutip Antara, Kamis (19/8/2021), Bupati Magelang, Zaenal Arifin, mengatakan isolasi terpusat pasien Covid-19 membuat penanganan untuk kesembuhan mereka lebih efektif.

Bupati mengharapkan jajarannya segera merealisasikan isolasi terpusat untuk mendorong upaya lebih optimal dalam mencegah penularan Covid-19 pada rumah tangga. “Apalagi pemkab sudah melakukan peminjaman Balai Pelatihan Kesehatan [Bapelkes] sampai ke Kementerian Kesehatan dan sudah diberikan izin, maka harus bisa memaksimalkannya di samping juga memanfaatkan RS Candi Umbul dan RS Menoreh untuk isolasi terpusat,” katanya.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ia menyampaikan isolasi terpusat bisa bekerja sama dengan TNI dan Polri, sedangkan soal anggaran bisa menggunakan dana belanja tak terduga dari BPBD. Zaenal juga berharap, Kabupaten Magelang bisa turun pada level II bahkan I sehingga kegiatan masyarakat bisa kembali berjalan normal meskipun tetap memperhatikan protokol kesehatan secara ketat.

Baca Juga : Polres Magelang Beri Tabungan Pendidikan untuk Anak Yatim Covid-19

“Hingga Selasa [17/8/2021] di Kabupaten Magelang posisi terkonfirmasi 655 pasien, tentunya ini harus terus diupayakan untuk melakukan penekanan tanpa mengurangi upaya-upaya yang sudah dilaksanakan sebelumnya,” katanya.

Sesuai dengan laporan Dinas Kesehatan, posisi penyebaran Covid-19 atau terkonfirmasi positif di Kabupaten Magelang terus mengalami penurunan. Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang, Adi Waryanto, melaporkan sesuai arahan Bupati Magelang, pihaknya telah menindaklanjuti untuk menyediakan bangunan/gedung yang akan digunakan sebagai tempat isolasi terpusat. Pemkab melaksanakan pinjam pakai bangunan gedung di Asrama Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) di Kecamatan Salaman.

Perjanjian pinjam pakai sudah ditandatangani pada 12 Juli 2021. Di Bapelkes tersedia 45 kamar dengan 95 tempat tidur yang nantinya bisa dimanfaatkan untuk isolasi terpusat. “Apabila nanti masih dibutuhkan kami sudah menyediakan alternatif berikutnya yaitu menggunakan RS Bukit Menoreh dan RS Candi Umbul,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya