SOLOPOS.COM - Bupati Kudus, Hartopo.(Antara)

Solopos.com, KUDUS — Bupati Kudus, HM Hartopo, menyambut baik wacana atau isu pemekaran wilayah di Jawa Tengah (Jateng), salah satunya Provinsi Jawa Utara atau Muria Raya. Ia menilai pemekaran wilayah itu menjadi salah satu cara untuk mengefektifkan wilayah.

“Kalau memang ada [pemekaran wilayah] sangat bagus sekali. Mungkin lebih efektif, lebih mengefektifkan wilayah,” kata Hartopo, dikutip dari Murianews.com, Jumat (11/2/2022).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Hartopo menurutnya jika terjadi pemekaran wilayah, Provinsi Jateng bisa dimekarkan menjadi tiga bahkan empat provinsi baru. Hal ini dikarenakan wilayah Jateng yang terbilang cukup luas.

Baca juga: Heboh! Kudus Diusulkan Jadi Ibu Kota Provinsi Muria Raya

Sekadar informasi, Provinsi Jawa Tengah (Jateng) memiliki luas wilayah mencapai 32.800,69 kilometer persegi (km2), dengan jumlah penduduk mencapai 36,5 juta jiwa.

Jateng juga terdiri dari 35 kabupaten/kota dengan wilayah paling luas berfada di Kabupaten Cilacap, yang memiliki luas mencapai 50,1 km2.

“Wilayah di Jawa Tengah ini kan terlalu luas sampai 35 daerah. Harapannya kalau ada pemekaran provinsi ini, yang ada 3 atau 4 [provinsi] lagi di Jawa Tengah itu, penanganannya bisa lebih efektif,” jelasnya.

Sementara itu, wacana pemekaran wilayah di Pulau Jawa mencuat di jejaring media sosial setelah beredarnya sebuah video yang diunggah akun Youtube Data pada 4 Februari lalu. Dalam video itu disebutkan wacana 9 provinsi baru yang ada di Pulau Jawa, di mana tiga di antaranya berada di Jawa Tengah atau Jateng.

Baca juga: Ini 3 Wilayah di Jateng yang Diusulkan Jadi Provinsi Baru

Ketiga provinsi baru yang diusulkan di Jateng dalam pemekaran wilayah itu yakni Provinsi Banyumasan, Provinsi Daerah Istimewa Surakarta (DIS), dan Provinsi Muria Raya atau Jawa Utara.

“Pemekaran 9 Provinsi Baru di Pulau Jawa, Ada Provinsi Jawa Utara dan Jawa Selatan,” tulis akun Youtube tersebut dalam judul video yang sudah tayang 336.457 kali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya