Bupati Klaten Geram Nama & Fotonya Kerap Dipakai untuk Menipu di Medsos

Bupati Klaten, Sri Mulyani, mengaku geram karena kerap nama dan fotonya dijadikan modus penipuan di media sosial.
SHARE
Bupati Klaten Geram Nama & Fotonya Kerap Dipakai untuk Menipu di Medsos
SOLOPOS.COM - Bupati Klaten Sri Mulyani. (Instagram/yani_sunarno_snm)

Solopos.com, KLATEN — Bupati Klaten, Sri Mulyani, curhat nama serta foto dirinya kerap disalahgunakan oleh oknum tertentu untuk melakukan penipuan melalui media sosial (Medsos). Dia mengimbau agar warga tak mudah percaya dengan ulah para pelaku penipuan mengatasnamakan bupati atau pejabat lainnya di Klaten yang ujung-ujungnya meminta uang.

Curhat itu disampaikan Mulyani saat membuka kegiatan Sosialisasi Strategi Komunikasi Publik di era Digital yang digelar di Pendapa Pemkab Klaten, Kamis (23/6/2022).

PromosiHari Keluarga Nasional: Kudu Tepat, Ortu Jangan Pelit Gadget ke Anak!

“Banyak sekali yang menyalahgunakan nama saya untuk kepentingan pribadi, untuk menipu. Sampai ada yang sudah saya laporkan,” kata Mulyani dalam kegiatan tersebut.

Surat untuk Bunda Selvi Gibran

Mulyani membenarkan namanya kerap dicatut oleh pihak tertentu untuk melakukan penipuan melalui medsos. Upaya penipuan mengatasnamakan Mulyani itu dilakukan menggunakan akun Facebook (FB). Mulyani pun dibuat kesal oleh ulah orang-orang tak bertanggung jawab tersebut.

Baca Juga: Ini yang Bikin Gemes Bupati Klaten Sri Mulyani

“Nama saya kerap dipakai untuk penipuan, kejahatan. Ini yang membuat saya sangat geram, sangat gemes. Memang sudah ada yang saya bawa ke ranah hukum, orang yang membuat akun FB atas nama saya. Ini biar ada efek jera serta tidak ada korban,” kata Mulyani.

Proses Hukum

Mulyani menjelaskan sudah berulang kali dia melaporkan ulah pelaku penipuan yang membikin akun FB atas nama Bupati Klaten, Sri Mulyani. Ada yang bisa diproses secara hukum ada pula yang tidak memenuhi syarat.

Namun, ada juga pelaku yang akhirnya mendatangi orang tua Sri Mulyani untuk meminta maaf lantaran sudah menyalahgunakan nama Sri Mulyani.

Baca Juga: BPBD Klaten Sosialisasi Bangunan Tahan Gempa

Mulyani berpesan agar warga tak mudah percaya dengan akun medsos terutama FB mengatasnamakan Bupati Klaten, Sri Mulyani. Apalagi, jika pesan yang disampaikan ujung-ujungnya menarik sejumlah uang.

“Sejak awal saya pegang ponsel saya tidak punya akun FB. Medsos yang saya gunakan itu Instagram, Twitter, dan WA. Jangan sampai mau ditipu dengam iming-iming mau diberikan pekerjaan lah, bantuan, dan lain-lain yang ujung-ujungnya meminta sejumlah uang. Saya rasa masyarakat pintar dalam memilah dan memilih ketika menggunakan medsos. Saya harap lebih bijak ketika menggunakan medsos,” jelas Mulyani.

Akun FB mengatasnamakan Bupati Klaten, Sri Mulyani, pernah muncul pada awal 2021 lalu. Selain FB, foto dan nama Mulyani kerap disalahgunakan untuk modus penipuan melalui WA.

Nomor WA yang digunakan berbeda-beda. Tapi, Modus yang dilakukan hampir mirip. Ada yang mengirimkan pesan WA ke sejumlah warga bermodus melakukan penggalangan dana.

Baca Juga: Modusnya Bikin Emosi! 2 Penjambret HP Milik Remaja di Klaten Dibekuk

Ada pula yang bermodus akan memberi bantuan dengan syarat harus mengirimkan dana ke nomor rekening pelaku terlebih dahulu.

Selain Bupati, nama dan foto Wakil Bupati Klaten, Yoga Hardaya, pernah digunakan oleh orang tak bertanggung jawab untuk modus penipuan.

Subkoordinator Layanan Informasi dan Statistik Diskominfo Klaten, Joko Priyono, mengimbau agar warga tak mudah percaya ketika dikirimi pesan singkat mengatasnamakan pejabat di Klaten. Apalagi, pesan singkat yang dikirim dari nomor tak dikenal dan meminta bantuan penggalangan dana. “Baiknya konfirmasi dulu ke pemerintah minimal ke Diskominfo. Kalau arahnya sudah meminta transfer, itu sudah pasti penipuan,” kata Joko, Minggu (20/3/2022).



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago