SOLOPOS.COM - Bupati Karanganyar, Juliyatmono. (Espos/Indah Septiyaning Wardani)

Solopos.com, KARANGANYAR – Sekretaris DPD Partai Golkar Jawa Tengah sekaligus Bupati Karanganyar Juliyatmono menyatakan kesiapannya maju sebagai calon legislatif (caleg) DPR pada Pemilu 2024 mendatang.

Juliyatmono ditunjuk sebagai fungsionaris partai yang diberi tugas menjadi bakal caleg DPR di daerah pemilihan (dapil) Karanganyar, Sragen, Wonogiri. “Siap tidak siap harus siap. Sebagai fungsionaris partai saya memang ditunjuk itu [caleg DPR],” kata dia, Kamis (14/4/2022).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Nama Juliyatmono secara otomatis masuk dalam daftar caleg DPR dari partai berlambang pohon beringin ini. Ia masuk tanpa proses penjaringan bakal calon (balon) yang biasa dilakukan partai sebelum menetapkan caleg. Menurutnya, DPP punya beberapa indikator untuk menunjuk nama yang akan diajukan dalam pileg. Salah satunya track record sebagai kepala daerah.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: Partai Golkar Karanganyar dan Sragen Siap Bawa Juliyatmono ke Senayan

“Kader kan bisa dilihat di jalur-jalur jabatan politik yang dijalankan. Jika bersedia ditugasi sebagai bacaleg, ya siap. Membuat surat kesanggupan,” kata Juliyatmono.

Mantan Ketua DPD Partai Golkar Karanganyar inipun mengaku belum tahu siapa saja fungsionaris yang ditunjuk sebagai bakal caleg DPR. Saat ini partai Golkar sedang menginventarisasi bacaleg untuk Pemilu 2024.

Dukungan Juliyatmono maju sebagai caleg DPR juga disampaikan Ketua DPD II Partai Golkar Karanganyar, Ilyas Akbar Almadani. Tak tanggung-tanggung, Ilyas menyatakan basis massa di Kabupaten Karanganyar dan Sragen siap memenangkan Juliyatmono melenggang ke Senayan.

Ilyas menilai kapasitas dan kapabilitas Juliyatmono tak perlu diragukan lagi untuk bisa naik kelas. Pihaknya siap menyumbangkan 150.000 suara dari Karanganyar demi membawa Juliyatmono ke Senayan.

Baca Juga: Putra Bupati Juliyatmono Mencuat di Bursa Pilbup Karanganyar

Selain itu, Golkar Kabupaten Sragen juga menyatakan kesiapannya. Ilyas mengatakan, 75.000 suara bakal disumbangkan dari Sragen. “Juliyatmono merupakan salah satu kader partai terbaik yang dimiliki oleh Golkar Karanganyar. Kita mendorong Juliyatmono sebagai salah satu calon anggota legislatif di DPR RI,” ujarnya.

Selain menjabat Sekretaris DPD I Partai Golkar Jawa Tengah, Juliyatmono juga menduduki kursi Bupati Karanganyar periode 2019-2023. Pada Pemilu 2019 lalu, Golkar hanya menyumbang seorang wakil rakyat DPR dari dapil IV meliputi Sragen, Karanganyar, Wonogiri, yakni Endang Maria Astuti. Saat itu Endang meraup 76.723 suara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya