SOLOPOS.COM - Bupati Karanganyar, Juliyatmono, memberikan sambutan dalam acara tasyakuran panen raya paguyuban pompanisasi di Desa Gaum, Kecamatan Tasikmadu, Kabupaten Karanganyar, Kamis (1/12/2022) pekan lalu. (Istimewa/Diskominfo Karanganyar)

Solopos.com, KARANGANYAR — Bupati Karanganyar, Juliyatmono, menjanjikan bantuan senilai Rp100 Juta untuk petani Desa Gaum, Kecamatan Tasikmadu, Kabupaten Karanganyar. Bantuan itu  untuk pembelian bibit pohon kelapa.

Hal tersebut diungkapkan Bupati saat menghadiri tasyakuran yang digelar paguyuban pompanisasi petani atas panen raya masa tanam (MT) III. Tasyakuran digelar di salah satu area persawahan Desa Gaum, Kamis (1/12/2022) pekan lalu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Nanti saya akan berikan bantuan Rp100 juta kepada kelompok tani yang ada di Desa Gaum untuk dibelikan bibit kelapa. Harapan saya untuk bisa ditanam di depan rumah masing-masing,” terangnya.

Diyakininya, pohon kelapa memberikan manfaat ekonomi kepada petani. Bupati juga mengajak petani Gaum agar memberikan edukasi kepada generasi muda dalam bidang pertanian.

“Tolong ajari anak-anak zaman sekarang untuk bisa bertani. Karena, saat ini jarang sekali saya temukan anak-anak muda yang menggeluti pertanian,” harapnya.

Baca Juga: Kewenangan Kades Dikebiri, DPRD Karanganyar Desak Perbup Seleksi Perdes Dicabut

Sementara itu, Ketua Paguyuban Pompanisasi dan Petani Desa Gaum, Sunarmanto, dalam laporannya mengatakan pompa yang mereka gunakan untuk mengairi sawah menggunakan pompa listrik. Ia berharap ada bantuan dari pemerintah untuk menyubsidi biaya listrik untuk pompa air sawah.

Ia juga melaporkan hasil panen MT III cukup memuaskan. “Alhamdulillah, untuk hasil panen MT III ini kami bisa sedikit bergembira, meskipun beberapa lahan sempat terserang hama,” ujarnya.

Kepala Desa Gaum, Edi Susanto, mengatakan pihaknya masih menunggu realisasi dan teknis bantuan Bupati tersebut. “Sampai sekarang belum ada konfirmasi lanjutan kaitan bantuan yang telah disampaikan Bapak Bupati. Memang benar waktu menghadiri tasyakuran kelompok tani Gaum Bapak Bupati menjanjikan bantuan Rp100 juta untuk bibit kelapa yang rencananya ditanam di pinggir area persawahan di Gaum,” ujarnya, Senin (5/12/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya