SOLOPOS.COM - Denny Caknan tampil di Alun-alun Karanganyar pada Rabu (23/11/2022) malam. (Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani)

Solopos.com, KARANGANYAR — Bupati Karanganyar, Juliyatmono, angkat bicara terkait temuan adanya tarif parkir ugal-ugalan saat konser Denny Caknan pada Rabu (23/11/2022) malam.

Persoalan parkir tersebut akan menjadi bahan evaluasi penyelenggaraan event yang digelar Pemkab Karanganyar. Bupati bahkan mempertimbangkan untuk merevisi Peraturan Daerah (Perda) tentang Retribusi Parkir.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Revisi Perda dipertimbangkan untuk menetapkan tarif parkir menyesuaikan kondisi saat ini. “Setiap tahun memang seperti itu. Ada saja keluhan parkir. Ini menjadi perhatian serius kita,” kata Bupati ketika dijumpai Solopos.com, Kamis (24/11/2022).

Bupati sangat menyayangkan tarif parkir yang ugal-ugalan, tidak sesuai ketentuan. Beberapa oknum memanfaatkan konser musik Denny Caknan untuk meraup keuntungan namun melanggar aturan. Hal itu sangat tidak dibenarkan, karena sangat merugikan dan membuat tidak nyaman bagi masyarakat.

Baca Juga: Parkir di Konser Denny Caknan Di Karanganyar Ugal-Ugalan, Motor Ditarik Rp5.000

Ia mengakui Pemkab kesulitan mengontrol oknum yang menarik tarif parkir di luar ketentuan tersebut. Ke depan Pemkab akan mengoordinasikan juru parkir dan pengelola parkir setiap kali ada event.

“Kita tidak ingin ada kasus memanfaatkan momentum dengan menarik parkir liar seperti di Mukmatar kemarin yang sampai Rp100.000. Nanti kita konsolidasikan agar tidak ada kasus kayak gini,” katanya.

Bupati juga menyinggung Perda Retribusi Parkir. Dia mempertimbangkan untuk merevisi Perda dengan menyesuaikan kondisi saat ini. Merujuk Perda, tarif parkir motor di Kabupaten Karanganyar ditetapkan Rp1.000 dan mobil Rp2.000. Namun dalam kenyataannya, tarif parkir ditarik Rp2.000 untuk motor dan mobil Rp3.000.

Salah satu juru parkir (jukir) di Yayasan Adi Dharma Putera Karanganyar, Ny. Sugeng, mengaku menarik tarif parkir Rp5.000 per motor. Itu ia lakukan saat momentum konser saja. Yayasan menyiapkan lokasi parkir di lingkungan sekretariat tepatnya di barat Setda Pemkab Karanganyar.

“Kita tarik Rp5.000 hanya karena ada acara ini saja. Tidak setiap hari,” Tuturnya.

Baca Juga: Denny Caknan Sukses Goyang Karanganyar

Di luar masalah tarif parkir, Bupati menilai jalannya konser Denny Caknan tadi malam berlangsung lancar, aman dan tertib. Tidak ada kerusuhan yang terjadi selama konser. “Saya sampai di WA Denny Caknan yang mengucapkan terima kasih dan katanya keren. Denny Caknan terkesima dengan sound system kita,” katanya.

Sound system yang digunakan dalam konser tersebut berasal dari assosiasi pengusaha sound system di Karanganyar. Mereka memberikan hadiah untuk Hari Jadi Karanganyar dengan menyediakan sarana prasarana sound system di malam konser Denny Caknan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya