SOLOPOS.COM - Ilustrasi Ratu Kalinyamat. (Twitter)

Solopos.com, JEPARA — Bupati Jepara, Dian Kristiandi, menyetujui rekomendasi usulan Ratu Kalinyamat sebagai Pahlawan Nasional. Surat tersebut telah ditandatangani pada Kamis (13/1/2021).

Bupati Jepara menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah menyelesaikan penyusunan naskah akademik terkait sosok pahlawan nasional itu. Menurutnya, semangat tokoh asal Jepara itu harus diteladani dalam kehidupan masyarakat dan diwariskan secara turun-temurun.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Semangat Ratu Kalinyamat ini harus diwariskan kepada anak cucu kita, sebagai pemersatu bangsa,” ungkapnya seperti dikutip dari Jatengprov.go.id, Rabu (19/1/2022).

Ekspedisi Mudik 2024

Baca juga: Gurihnya Bisnis Budidaya Bandeng di Jepara, Bisa Raup Rp123 Juta

Ketua Tim Pakar penyunan naskah Ratu Kalinyamat, Prof Ratno Lukito, menyampaikan, naskah tersebut akan diajukan secara berjenjang mulai dari tingkat provinsi, hingga ke tingkat pusat untuk mendapatkan gelar pahlawan nasional.

Penelitian tentang sosok itu sudah dilakukan sejak 2018. Adapun naskah yang ditulis melibatkan sejarawan, arkeolog, arsiparis, dan akademisi dari berbagai kampus ternama di Jawa Tengah, DIY, serta Portugal, itu diberi judul Ratu Kalinyamat Perempuan Perintis Antikolonialisme 1549 – 1579. Tim peneliti berhasil menemukan delapan sumber primer dari Portugal.

Baca juga: Mitos Ratu Kalinyamat & Larangan Pria Kudus Nikahi Wanita Jepara

“Sumber primer inilah, yang memperkuat bukti-bukti ketokohan Ratu Kalinyamat sebagai perintis antikolonialisme pada masanya,” kata dia.

Sebagai informasi, Ratu Kalinyamat adalah ratu dari Kerajaan Kalinyamat di Jepara. Semasa hidup, dia menunjukkan keberanian melawan penjajah Portugis. Keteladanan itu membuat Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat, mengusulkan nama ratu dari Jepara itu dijadikan pahlawan nasional pada 2019.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya