Bupati Jepara Setuju Ratu Kalinyamat Jadi Pahlawan Nasional

Bupati Jepara menyetujui usulan Ratu Kalinyamat menjadi pahlawan nasional.
SHARE
Bupati Jepara Setuju Ratu Kalinyamat Jadi Pahlawan Nasional
SOLOPOS.COM - Ilustrasi Ratu Kalinyamat. (Twitter)

Solopos.com, JEPARA — Bupati Jepara, Dian Kristiandi, menyetujui rekomendasi usulan Ratu Kalinyamat sebagai Pahlawan Nasional. Surat tersebut telah ditandatangani pada Kamis (13/1/2021).

Bupati Jepara menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah menyelesaikan penyusunan naskah akademik terkait sosok pahlawan nasional itu. Menurutnya, semangat tokoh asal Jepara itu harus diteladani dalam kehidupan masyarakat dan diwariskan secara turun-temurun.

PromosiTop! Bos Tokopedia Masuk List Most Extraordinary Women Business Leader

“Semangat Ratu Kalinyamat ini harus diwariskan kepada anak cucu kita, sebagai pemersatu bangsa,” ungkapnya seperti dikutip dari Jatengprov.go.id, Rabu (19/1/2022).

Baca juga: Gurihnya Bisnis Budidaya Bandeng di Jepara, Bisa Raup Rp123 Juta

Ketua Tim Pakar penyunan naskah Ratu Kalinyamat, Prof Ratno Lukito, menyampaikan, naskah tersebut akan diajukan secara berjenjang mulai dari tingkat provinsi, hingga ke tingkat pusat untuk mendapatkan gelar pahlawan nasional.

Penelitian tentang sosok itu sudah dilakukan sejak 2018. Adapun naskah yang ditulis melibatkan sejarawan, arkeolog, arsiparis, dan akademisi dari berbagai kampus ternama di Jawa Tengah, DIY, serta Portugal, itu diberi judul Ratu Kalinyamat Perempuan Perintis Antikolonialisme 1549 – 1579. Tim peneliti berhasil menemukan delapan sumber primer dari Portugal.

Baca juga: Mitos Ratu Kalinyamat & Larangan Pria Kudus Nikahi Wanita Jepara

“Sumber primer inilah, yang memperkuat bukti-bukti ketokohan Ratu Kalinyamat sebagai perintis antikolonialisme pada masanya,” kata dia.

Sebagai informasi, Ratu Kalinyamat adalah ratu dari Kerajaan Kalinyamat di Jepara. Semasa hidup, dia menunjukkan keberanian melawan penjajah Portugis. Keteladanan itu membuat Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat, mengusulkan nama ratu dari Jepara itu dijadikan pahlawan nasional pada 2019.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago