SOLOPOS.COM - Bupati Boyolali, M. Said Hidayat (depan peci hitam) ditemani jajarannya, mengambil swa foto bersama sejumlah aktor pemberdayaan desa usai mendapatkan apresiasi, di Kantor Bupati, Rabu (28/12/2022). (Solopos.com/Nova Malinda).

Solopos.com, BOYOLALI — Bupati Boyolali M. Said Hidayat mengapresiasi sejumlah unsur yang berperan dalam upaya pemberdayaan desa di Kabupaten Boyolali.

Sejumlah unsur tersebut meliputi kepala desa (kades), camat, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), dan ketua Unsur Pelaksana Kegiatan Dana Amanah Pemberdayaan Masyarakat (UPK DAPM) Kabupaten Boyolali.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Mereka mendapat piagam dan lencana penghargaan oleh Bupati di Kantor Bupati, Rabu (28/12/2022).

Said memberikan ucapan selamat kepada mereka atas capaian yang sudah dilakukannya. Apresiasi yang diberikan tersebut diharapkan bisa membawa dampak positif dalam upaya melangkah bersama membangun Boyolali.

“Untuk apa, mendorong upaya percepatan langkah bersama, dalam rangka membenahi, melakukan pembenahan-pembenahan terhadap pola, sikap, pengelolaan keuangan dan sebagainya,” jelasnya.

Said menyebutkan ada 25 desa, tiga camat, empat BUMDes dan tiga ketua UPK DAPM di Boyolali yang mendapat apresiasi ini.

Apresiasi tersebut dibagi menjadi beberapa kategori di antaranya, kategori Kecamatan Pembina Terbaik, Desa Mandiri, BUM Desa Terbaik, Desa Kinerja Terbaik, dan UPK DAPM Terbaik.

Untuk kategori Camat Pembina Terbaik jatuh kepada Camat Klego, Camat Boyolali, dan Camat Karanggede.

Kategori Desa Mandiri, ada empat kepala desa dari Kecamatan Boyolali, antara lain Kades Karanggeneng, Kades Kiringan, Kades Mudal, dan Kades Kebonbimo.

Sebanyak empat kades dari Kecamatan Karanggede, meliputi Kades Bantengan, Kades Sendang, Kades Tegalsari, dan Kades Kebonan. Dua kepala desa dari Kecamatan Simo, yakni Kades Simo dan Kades Pelem.

Tiga kepala desa dari Kecamatan Ngemplak, yakni Kades Sindon, Kades Donohudan, dan Kades Ngesrep.

Delapan kades dari Kecamatan Klego menjadi yang paling banyak, meliputi Kades Bade, Kades Jaten, Kades Klego, Kades Tanjung, Kades Sangge, Kades Karangmojo, Kades Banyuurip, dan Kades Sumberagung.

Sementara, satu kades, paling sedikit dari Kecamatan Mojosongo yakni Kades Butuh. Selanjutnya, untuk Kategori Desa Kinerja Terbaik diraih oleh Desa Karanggeneng.

Lalu, untuk Kategori BUMDes terbaik diraih oleh tiga desa, antara lain Desa Cepogo Kecamatan Cepogo, Desa Kemasan Kecamatan Sawit, dan Desa Mudal Kecamatan Boyolali.

Kemudian, untuk Ketua UPK DAPM dalam penanganan kemiskinan terbaik diraih oleh UPK DAPM Selo, UPK DAPM Ampel, dan UPK DAPM Karanggede.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya