Bupati Banjarnegara Kepala Daerah Termiskin di Jateng, Segini Hartanya

Syamsudin, Plh Bupati Banjarnegara mendapatkan predikat kepala daerah termiskin di Jawa Tengah (Jateng) berdasar LHKPN KPK.
SHARE
Bupati Banjarnegara Kepala Daerah Termiskin di Jateng, Segini Hartanya
SOLOPOS.COM - Alun-alun Banjarnegara. (Google/mziman chnl)

Solopos.com, BANJARNEGARA — Pelaksana Harian (Plh) Bupati Banjarnegara, Syamsudin, ternyata merupakan kepala daerah termiskin di Jawa Tengah (Jateng).

Hal tersebut berdasarkan Laporan Hasil Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) yang diterbitkan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan diunggah di situs Elhkpn.kpk.go.id.

PromosiHari Keluarga Nasional: Kudu Tepat, Ortu Jangan Pelit Gadget ke Anak!

Sebagaimana diberitakan Solopos.com sebelumnya, Syamsudin yang sebelumnya menjabat Wakil Bupati Banjarnegara itu memiliki harta Rp189.778.832.

Surat untuk Bunda Selvi Gibran

Dengan harta sebesar itu, Plh Bupati Banjarnegara menempati posisi kepala derah termiskin di Jateng.

Baca Juga:  Ini Lokasi Syuting Film Srimulat di Solo, Ada 3 Titik!

Harta yang dimiliki Syamsuddin itu terbilang kecil dibandingkan kepala daerah lainnya di Jawa Tengah yang kekayaaannya mencapi miliaran Rupiah. Di atas Syamsudin ada Bupati Magelang, Zaenal Arifin yang memiliki harta Rp2,3 miliar, kemudian Bupati Tegal, Umi Azizah dengan harta Rp2,39 miliar.

Selanjutnya ada Bupati Semarang, Ngesti Nugraha, dengan total harta kekayaan yang dilaporkan mencapai Rp2.864.202.819, dan Bupati Blora, Arief Rohman, dengan total harta kekayaan mencapai Rp3.144.450.000.

Baca Juga: Bahasa Walikan Malang Ada Sejak Zaman Belanda, Dulu Dipakai Jadi Sandi

Meski demikian, dalam data LHKPN terbaru yang ditayangkan di situs web KPK ini ada sejumlah nama kepala daerah yang tidak tercantum. Mereka antara lain Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, Wali Kota Magelang, Muchammad Nur Aziz; Wali Kota Tegal, Dedy Yon Supriyono, dan Wali Kota Salatiga, Yuliyanto.

Sebagai informasi, Syamsudin yang mendapatkan predikat kepala daerah termiskin di Jateng sebelum menjabat Plh Bupati Banjarnegara merupakan wakil bupati.

Baca Juga:  Muncul di Jembatan Jurug Solo, Bagaimana Wujud Onggo-Inggi?

Ia menjabat bupati setelah bupati sebelumnya, Budhi Sarwono, tersandung kasus suap atau gratifikasi hingga di-nonaktifka. Sejak saat itu, Syamsudin pun mengemban tugas sebagai Plh Bupati Banjarnegara.

Syamsudin merupakan pria asli Banjarnegara yang saat ini berusia 68 tahun. Sebelum terjun ke dunia politik, Syamsudin pernah bekerja sebagai guru sekolah dasar, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Banjarnegara, dan terakhir menjabat sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jepara.

Baca Juga:  Kenapa Pati Dijuluki Kota Paranormal?



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago