SOLOPOS.COM - Apel siaga aparat gabungan menjelang razia di tiga lokasi sebagai buntut kerusuhan di Kampung Mertodranan Solo. (Solopos.com/Ichsan Kholif Rachman)

Solopos.com, SOLO – Kapolresta Solo, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak, memimpin razia yang menyasar Kecamatan Pasar Kliwon dan Jebres, Sabtu (15/8/2020) siang. Razia ini dilakukan menyusul kerusuhan di Kampung Mertodranan, Pasar Kliwon, Solo, pekan lalu.

Razia dilakukan sekitar 120 aparat gabungan yang diawali dengan apel siaga di Plaza Manahan. Apel tersebut dipimpin oleh Wakapolresta Solo, AKBP Iwan Saktiadi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Direkam 10 Agustus, Begini Kejadian Dalam Video Bullying Remaja Perempuan di Alkid Solo

“Fokus penggeledahan senjata tajam dan peledak,” kata Kapolresta Solo kepada Solopos.com.

Razia ini diikuti aparat gabungan dari Polresta Solo, Dalmas 1, Brimob Polda Jateng, Reskrim, hingga Satlantas. Razia ini dilakukan di dua lokasi di Kecamatan Pasar Kliwon dan di Kelurahan Gandekan, Jebres, Solo.

Dulu Cuma Rp20.000, Berapa Bayaran Mbah Minto Klaten Sekarang?

Apel ini dilakukan untuk menjaga ketertiban masyarakat setelah terjadinya kerusuhan di Kampung Mertodranan, Sabtu (8/8/2020). Seperti diketahui, tiga orang terluka akibat kejadian tersebut.

“Ini bagian rentetan ricuh Pasar Kliwon beberapa waktu lalu,” sambung Kapolresta Solo.

Sepak Terjang Sugiyono, Bos Bisnis Investasi Ternak Rangrang Sragen yang Ditangkap Polisi

Kapolresta Solo menambahkan, pihaknya melakukan patroli dalam skala besar menyusuri jalanan dan lokasi yang dinilai rawan gangguan kamtibmas. Razia ini dilakukan sebagai bukti aparat keamanan hadir menjamin keamanan dan ketertiban masyarakat.

"Negara tidak boleh kalah dengan kelompok itu. Polri harus hadir. Ini adalah tindak lanjut dari Kapolda, kami tidak akan memberi sedikit ruang aksi intoleran, premanisme, radikalisme, dan kekerasan lain," tandasnya.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng

Video Viral Balon Udara Mendarat di Landasan Pacu Bandara YIA Kulonprogo Jogja

Video Viral Balon Udara Mendarat di Landasan Pacu Bandara YIA Kulonprogo Jogja
author
Mariyana Ricky P.D Sabtu, 20 April 2024 - 12:10 WIB
share
SOLOPOS.COM - Balon udara mendarat di landasan pacu Bandara YIA Kulonprogo, Jogja, Rabu (17/4/2024). (Istimewa/Twitter X)

Solopos.com, KULONPROGO – Sebuah video viral yang menampakkan detik-detik mendaratnya balon udara di Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) Kulonprogo viral di medsos.

Dilansir Harianjogja.com, video viral tersebut diunggah oleh akun Twitter @merapi_uncover dengan memberikan narasi bahwa balon udara masuk ke landasan pacu Bandara YIA pada Rabu (17/4/2024).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kejadian di YIA kemarin Rabu, Ada balon udara masuk landasan pacu. Untung ketahuan sama petugas airnav, Kalau tidak bisa nyangkut ke pesawat dan berpotensi meninbulkan kecelakaan,” tulis akun tersebut.

Emagazine Solopos

Pada video tersebut juga terdengar seseorang beberapa kali mengucapkan keberadaan balon udara tersebut terpantau di atas runway YIA. “Balon udara, balon udara terpantau di atas runway YIA,” katanya.

Penerbangan balon udara menjadi tradisi sejumlah wilayah dalam menyambut lebaran. Beberapa kali peristiwa dampak akibat balon udara sudah terjadi, salah satunya di Magelang yang juga viral karena merusak rumah dan mobil.

Dilarang Sembarangan Menerbangkan Balon Udara

Interaktif Solopos

Polres Bantul mengingatkan masyarakat terkait aktivitas tradisi balon udara yang dapat membahayakan penerbangan. “Balon udara dapat menjadi ancaman serius terhadap transportasi udara dan keselamatan penerbangan,” kata Kapolres Bantul, AKBP Michael R Risakotta di Bantul, Sabtu (20/4/2024).

Michael menambahkan, ada resiko besar yang mengintai jika masyarakat tetap nekat membuat dan menerbangkan balon udara. Selain dapat mengancam keselamatan penerbangan, balon udara juga berpotensi memicu terjadinya kebakaran, baik kebakaran lahan, maupun pemukiman.

“Apalagi menerbangkan balon udara yang menggunakan bahan bakar bahkan ditambahkan petasan,” ujarnya.



Saat ini sudah ada larangan penerbangan balon udara secara tegas telah termuat dalam UU No. 1/2009 tentang Penerbangan, bahwasanya penggunaan atau menerbangkan balon udara tersebut dapat dipidanakan 2 tahun atau paling banyak denda Rp500 juta.

Ia mengimbau agar masyarakat di Bantul mematuhi aturan tersebut untuk kepentingan keselamatan penerbangan. Polres Bantul tidak melarang apabila ada masyrakat hendak mengadakan event seperti festival balon udara yang bertujuan untuk menjaring wisatawan. Namun kegiatan tersebut harus ada izin dari pihak-pihak pemangku kepentingan.

“Kalau ada masyarakat yang akan menerbangkan balon udara, wajib melaporkan kepada pemda, kepolisian, atau kantor otoritas bandar udara,” katanya.

Melalui kerja sama antara aparat kepolisian dan partisipasi aktif masyarakat, diharapkan wilayah hukum Polres Bantul tetap aman dan terhindar dari potensi ancaman yang dapat membahayakan keselamatan bersama.

“Walaupun di Bantul belum ada kasus balon udara dan jangan sampai terjadi, namun kami akan tetap melakukan patroli dan tindakan preventif untuk memastikan situasi tetap aman dan kondusif, terutama dalam mengantisipasi potensi terjadinya bahaya,” ujarnya.

Sebenarnya tak hanya balon udara yang diimbau, menerbangkan drone dan bermain layang-layang-pun ada ketentuan sesuai Permenhub No.37/2020 adalah pengoperasian pesawat udara kecil tanpa awak (drone) yang digunakan untuk keperluan hobi atau rekreasi wajib memenuhi ketentuan CASR Part 107.

“Maksimal ketinggian terbang tidak boleh dari 120 meter di atas permukaan tanah dan untuk layang-layang harus ditambatkan tiga kali,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

10 Ucapan Hari Kartini 2024 yang Penuh Makna dan Menebarkan Inspirasi

10 Ucapan Hari Kartini 2024 yang Penuh Makna dan Menebarkan Inspirasi
author
Nugroho Meidinata Sabtu, 20 April 2024 - 12:05 WIB
share
SOLOPOS.COM - Tiga saudara, Kartini, Roekmini, Kardinah (Screenshoot buku Tiga Saudara)

Solopos.com, SOLO – Dalam memperingati Hari Kartini pada Minggu, 21 April 2024, menuliskan ucapan di media sosial merupakan salah satu hal wajib yang dilakukan.

Setiap 21 April, masyarakat Indonesia memperingati sebagai Hari Kartini. Pada 2024, Hari Kartini jatuh pada Minggu esok.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Tentunya untuk memperingati Hari Kartini ini, masyarakat biasanya mengirim ucapan selamat Hari Kartini, khususnya kepada perempuan-perempuan Indonesia guna menebarkan semangat inspirasi dan emansipasi.

Koran Solopos

Nah, bagi Anda yang masih bingung mencari ucapan atau kata-kata mutiara Hari Kartini 2024 yang penuh makna, bisa cek rekomendasi Solopos.com di bawah ini.

Ucapan Hari Kartini 2024

  1. Selamat Hari Kartini bagi seluruh perempuan Indonesia, semoga dapat terus menginspirasi dan menularkan semangat bagi perempuan-perempuan lainnya se-Tanah Air.
  2. Jadikan semangat juang Kartini sebagai inspirasi bagi diri sendiri dan tebarkan motivasi ke perempuan lainnya di Indonesia.
  3. Semoga semangat Kartini dapat menginspirasi perempuan Indonesia. Mari bersama-sama membangkitkan emansipasi wanita, sesuai yang telah diperjuangkan Kartini di masa hidupnya.
  4. Tiada awan di langit yang tetap selamanya. Tiada mungkin akan terus menerus terang cuaca. Sehabis malam gelap gulita lahir pagi membawa keindahan. Kehidupan serupa alam. Selamat Hari Kartini.
  5. Dengan semangat Kartini, mari wujudkan emansipasi dan semangat para perempuan Indonesia dalam menjunjung martabat dan harga diri seorang perempuan.
  6. Melalui Hari Kartini ini, semoga menjadi inspirasi bagi perempuan Indonesia untuk meningkatkan kualitas hidup dalam keluarga, beragama, dan bernegara.
  7. Jangan pernah menyerah jika kamu masih ingin mencoba. Jangan biarkan penyesalan datang karena kamu selangkah lagi untuk menang. Selamat Hari Kartini.
  8. Selamat untuk para perempuan Tanah Air, lanjutkan perjuangan Kartini dengan meningkatkan kualitas dan semangat juang wanita. Dirgahayu Kartini-Kartini Indonesia.
  9. Kartini tidak hanya sekedar mencurahkan kata isi hatinya dalam surat. Tetapi seorang Kartini sudah dapat memperkirakan di masa yang akan datang, seorang perempuan harus mempunyai fungsi utama dalam sebuah kemajuan bangsa. Selamat Hari Kartini.
  10. Selamat Hari Kartini. Mati satu tumbuh seribu. Kartini memang sudah tiada, namun semangat juangnya tidak boleh padam begitu saja. Mau terus para kartini muda.

Demikian 10 ucapan Hari Kartini 2024 yang penuh makna dan menebarkan inspirasi semangat.

Emagazine Solopos
Interaktif Solopos


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

BRI Bantu Usaha Kue Kering di Sidoarjo Berkembang Kian Pesat saat Lebaran

BRI Bantu Usaha Kue Kering di Sidoarjo Berkembang Kian Pesat saat Lebaran
author
Anik Sulistyawati Sabtu, 20 April 2024 - 11:54 WIB
share
SOLOPOS.COM - Usaha kue kering Retas Snacks And Cookies milik Windayati mendapat dukungan pembiayaan. Program KUR Mikro dari BRI.(Istimewa)

Solopos.com, SIDOARJO – Momen Ramadan dan Idulfitri membawa berkah tersendiri bagi pelaku usaha kue kering dan berbagai macam snack. Bukan hanya produsen besar tetapi juga para pelaku usaha mikro. Salah satunya adalah Windayati, wirausaha dari Desa Wage, Aloha, Sidoarjo, Jawa Timur.

Jelang Lebaran, Windayati disibukkan dengan melayani banyak orderan kue-kue kering seperti nastar, kastengel dan choco chips. Menyadari permintaan pesanan tinggi, Windayati memanfaatkan momentum ini untuk menyajikan inovasi baru berupa tampilan kue yang lebih menarik.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Banyak yang mencari kue-kue kering untuk lebaran, sehingga saya memanfaatkan kesempatan ini dengan membuat inovasi baru, yaitu nastar berbentuk bunga dengan selai di luar. Selain nastar bunga, saya juga menawarkan produk kastengel dan kue kering butter choco chips,” kata Windayati dalam keterangan tertulis BRI.

Melalui merek Retas Snacks And Cookies, usaha kue rintisan Windayati ini sudah memiliki banyak pelanggan setia. Jelang lebaran ini pesanan bisa datang dari berbagai kalangan, salah satunya yang order dalam jumlah besar adalah dari dinas-dinas di daerah sehingga membuat omset usaha Windayati meningkat drastis saat bulan Ramadan.

Koran Solopos

“Biasanya setiap bulan, omset saya hanya sekitar Rp2,5 juta hingga Rp3 juta rupiah. Namun, selama bulan Ramadan, omset bisa mencapai 10 juta per bulan,” tuturnya.

Windayati menawarkan berbagai macam kue kering, termasuk rengginang dan keripik gandum dengan harga yang terjangkau, berkisar Rp50.000 hingga Rp100.000, tergantung pada beratnya. Sejatinya, Windayati bukanlah pemain baru di dunia usaha kue kering.

Perempuan berusia 48 tahun ini sudah merintis usaha sejak tahun 2019 dengan modal awal Rp1 juta. Berawal dari hobi membuat kue, Windayati kemudian membulatkan tekadnya untuk berani berbisnis usaha kue.

Emagazine Solopos

“Usaha ini berawal dari hobi saya yang suka memasak dan suka membuat kue. Lalu, biasanya kalau beli di luar rasanya sering tidak sesuai, jadi akhirnya saya memproduksi sendiri,” ungkapnya.

Dari situlah kemudian, Windayati melabeli kue kering buatannya dengan merek Retas Snacks And Cookies, karena tak hanya menjual kue kering tapi juga aneka snack. Pelan tapi pasti usahanya semakin berkembang dan mampu memberikan lapangan pekerjaan bagi orang lain. Windayati kini mempekerjakan 3 orang karyawan untuk menjalan usaha kue kering yang juga menjadi salah satu unit usaha Griya Kreatif Private miliknya.

Dukungan KUR Mikro BRI

Perkembangan usaha kue kering Retas Snacks And Cookies milik Windayati sejatinya tidak bisa dipisahkan dari akses pembiayaan. Program KUR Mikro dari BRI menjadi salah satu pendorong utama dalam menjalankan usaha kue kering dan memenuhi pesanan para konsumen. Windayati, tercatat sebagai nasabah aktif BRI tercatat telah mendapatkan KUR Mikro BRI.

Interaktif Solopos

Tidak hanya mendapatkan bantuan permodalan, BRI juga memberikan dukungan penuh dalam pengembangan usaha Windayati melalui pendampingan dan pelatihan.

“Selain modal, BRI juga memberikan pendampingan usaha dan pelatihan yang sangat berharga. Saya tergabung dalam rumah BUMN, dimana saya mendapatkan berbagai pelatihan mulai dari peningkatan produk, kemasan, pemasaran, hingga strategi digital marketing,” ujar.

Windayati merasakan dukungan BRI berperan penting dalam kemajuan usaha kue keringnya. Ia berharap BRI dapat terus memberikan dukungan kepada dirinya untuk terus mengembangkan usaha kuenya.



Sebagai pelaku usaha mikro menghadapi tantangan pada aspek pemasaran dan persaingan dengan produsen-produsen besar.
Seperti diketahui, BRI merupakan perbankan di Indonesia yang menjadi penyalur KUR terbesar, yang setiap tahunnya terus meningkat.

Sepanjang tahun 2023 lalu, BRI telah menyalurkan KUR senilai Rp163,3 triliun kepada 3,5 juta debitur dengan mayoritas penyaluran KUR untuk sektor produksi. Di tahun 2024 ini, BRI menjadi penyalur KUR terbesar dengan alokasi Rp165 triliun.

Pada kesempatan terpisah, Direktur Bisnis Mikro BRI Supari mengungkapkan optimismenya bahwa BRI dapat menyalurkan KUR tersebut sebelum tahun 2024 berakhir. Optimisme itu tak lepas dari strategi yang telah disusun perseroan pada percepatan graduasi atau upaya menaikkelaskan nasabah eksisting, dan perluasan jangkauan penerima baru.

“BRI selalu konsisten dalam memberikan dukungan permodalan bagi pelaku UMKM dan memberikan pendampingan kepada nasabah dalam pengembangan produk hingga upaya digitalisasi pelaku UMKM. Kisah produsen sekaligus pelaku UMKM Kue Kering ini menjadi salah satu contoh bagaimana pembiayaan yang diberikan serta pendampingan usaha yang kami berikan dapat mendorong kapasitas usaha pelaku UMKM,” ujarnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Memuat Berita lainnya ....
Solopos Stories