top ear
Ilustrasi kabur dari penjara. (Antara)
  • SOLOPOS.COM
    Ilustrasi kabur dari penjara. (Antara)

Buntut Kaburnya Napi asal China, Lima Petugas LP Tangerang Dinonaktifkan

Lima petugas LP Kelas I Tangeran dinonaktifkan Ditjen Pas untuk kepentingan pemeriksaan.
Diterbitkan Sabtu, 3/10/2020 - 17:05 WIB
oleh Solopos.com/Newswire
2 menit baca

Solopos.com, TANGERANG -- Buntut dari kaburnya narapidana asal China, Cai Changpan alias Cai Ji Fan, 53, lima pegawai Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas I Tangerang dinonaktifkan. Salah satunya adalah Kepala Pengamanan LP.

"Yang dinonaktifkan dari jabatannya adalah Kepala Pengamanan LP Kelas 1 Tangerang dan juga komandan jaga pada saat itu bertugas dan itu untuk kepentingan pemeriksaan," kata Kabag Humas dan Protokol Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen Pas), Rika Aprianti, kepada wartawan, Sabtu (3/10/2020).

Rika melanjutkan, selain kedua petugas tadi, mereka yang di nonaktifkan ialah dua komandan jaga dan dua petugas jaga. Ditjen Pas menyebut penonaktifan keilam kelima petugas itu bukan karena terbukti bersalah, melainkan karena dalam masa pemeriksaan.

Drama Napi WN China Kabur dari LP Tangerang, Gali 2 Kantong Tanah Sehari

"Itu untuk kepentingan pemeriksaan, bukan berarti yang bersangkutan itu terlibat. Itu kan masih dalam proses pemeriksaan," sambungnya, seperti dikutip dari suara.com.

"Di situ inisial SS sedangkan kepala pengamanan LP Tangerang itu bukan S insialnya tapi MK. Yang disampaikan polisi inisial S dan S silakan ditanyakan langsung ke polisinya itu saya tidak tahu terkait atau tidak," kata Rika.

Ada Kejanggalan

Sebelumnya, polisi masih menyelidiki dugaan keterlibatan pihak lain di balik pelarian Cai Ji Fan dari LP Kelas 1 Tangerang. Sebab, ditemukan adanya sejumlah kejanggalan.

Bak Adegan Film, Begini Kronologi Napi WN China Kabur dari Lapas Tangerang

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus, sebelumnya mengemukakan jika pelarian napi tersebut baru diketahui petugas lapas setelah 11 jam. Belakang diketahui bahwa ternyata salah satu petugas menara pengawas LP yang berjaga ketika itu sempat tertidur.

"Kami juga masih mendalami semua karena petugas yang berjaga di menara pada saat itu ketiduran," kata Yusri di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (30/9/2020) kemarin.

Selain petugas menara pengawas LP, Yusri juga menyebut bahwa petugas pemantau kamera pengintai atau CCTV juga tertidur saat Cai Ji Fan melarikan diri.

Program Asimilasi Napi Bikin Warga Begadang Siskamling, Rutan Solo Digugat

"Dan juga petugas yang jaga kamera CCTV juga di center di LP pada saat kita melakukan pemeriksaan juga ketiduran mengakunya. Ini yang masih kita dalami semua. Apa kemungkinan akan adanya keterkaitan adanya orang-orang yang membantu dia melarikan diri," ujarnya.


Editor : Profile Kaled Hasby Ashshidiqy
LIKE di sini untuk lebih banyak informasi terbaru di Solopos.com


berita terkait

    berita terpopuler

    Iklan Baris

    Properti Solo & Jogja

    berita terkini